Seminar Nasional Tanggal 29 Juli 2017

Seminar Nasional Accountant Goes To Village dengan tema “Peluang Profesi Akuntan Dalam Implementasi Akuntansi Desa”

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan mengenai akuntansi desa kepada masyarakat khususnya para mahasiswa Akuntansi, Universitas Pamulang (Unpam) Program Studi S1 Akuntansi dan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) bersama IAI KAPd Banten menggelar Seminar Nasional Accountant Goes To Village dengan tema “Peluang Profesi Akuntan Dalam Implementasi Akuntansi Desa” di Auditorium Unpam, Sabtu (29 juli 2017).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala bagian Hukum, Organisasi dan Tatalaksana, Dr. Conrita Ermanto, MSi. Selaku perwkilan dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, Ketua IAI KAPd Pusat, Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, S.E., MSi., Ak., CA., IAI KAPd Banten Roza Mulyadi, S.E., Ak., M. Akt., CIBA, Ketua Yayasan Sasmita, H. Darsono, Wakil Rektor I dan II, Drs. H. Buchori H. Nuriman, M.M dan Drs. Subarto, Ketua Program Studi S1 Akuntansi, H. Endang Ruhiyat, S.E., M.M., dan Drs. Setiyanto, SE., MM., SH., MH., CHRP., CIRP., CIBA., CBA., CM., CBSCP, selaku moderator, serta para peserta seminar yang terdiri dari seluruh Mahasiswa Unpam Program Studi Akuntansi serta terdapat beberapa perwakilan dari universitas lain, antara lain dari STIE IGI, STIE Insan Pembangunan, STIE Kusumanegara., Universitas Juanda, Stie Kesatuan Pembangunan Bogor, dan Perbanas Institute Jakarta, kurang lebih 2.000 peserta.

Kepala bagian Hukum, Organisasi dan Tatalaksana, Kementrian Desa Dr. Conrita Ermanto, MSi memberikan paparan kepada para mahasiswa bagaimana peran akuntan dalam menata penggunaan dan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel yang sesuai dengan standar akuntansi dan peraturan perundang-undangan. Beliau berpesan bahwa seorang akuntan/sarjana akutansi ikut berperan serta sebagai pengawas dan mentor dalam mensukseskan pengelolaan keuangan desa dengan menggelar banyak pelatihan dan pembimbingan, guna mengenalkan akuntansi kepada perangkat desa.

Sementara itu, Ketua IAI KAPd Pusat, Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, S.E., MSi., Ak., CA dalam materinya lebih kedalam aplikasi pengelolaan dana desa yang disebut SISKEUDES dan bagaimana implemetasinya, selain itu beliau juga memberikan penjelasan mengenai tantangan dan peluang dalam implementasi akuntansi desa, kepada para mahasiswa akuntansi Unpam. Didalam acara ini juga sekaligus terdapat penandatangan MOU antara Program Studi S1 Akuntansi dengan beberapa perusahaan dan Universitas yang terdiri dari PT. Asuransi Jiwa Bumiputera, IAI KAPd Banten, PT. Pharos, WWF, Univeristas Tirtayasa, La Tansa, Stie Banten, Univeristas Muhamadiyah Tangerang.