Keunggulan Kinerja Akuntansi dan Digital Marketing pada UMKM

Penulis : Wahyu Nurul Hidayati, S.E., Ak., M.Ak.

Tangerang Selatan 15 Oktober 2021, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan kewajiban Tri Dharma yang harus dilaksanakan oleh para dosen, UMKM merupakan tempat yang tepat untuk para dosen berbagi ilmu, pengalaman serta strategi dalam kegiatan yang ada di UMKM . Pencatatan arus kas sangat diperlukan sekali oleh para pelaku UMKM agar dapat mengetahui pergerakan uang masuk keluar dari setiap usahanya, masih banyak sekali pelaku UMKM yang kesulitan dalam menentukan HPP atau laba usahanya karena masih sering tercampur dengan keuangan pribadi atau keluarga. Selain dari laporan keuangan maka UMKM juga terus mempertahankan penjualan walau dalam kondisi masih dalam tahap penyesuaian after pandemic ini, bagaimanakah UMKM terus bertahan dan survive dalam kondisi tersebut? Salah satu yang diperlukan adalah Digital Marketing. Digital Marketing memudahkan para pelaku UMKM untuk terus survive dan terus memasarkan produknya dengan cara digital, dari latar belakang ini maka para dosen Prodi Akuntansi Program Sarjana mengadakan PKM dengan para pelaku UMKM yaitu UMKM Depok, dan Pamulang Estate .UMKM Pamulang estate yang di komandoi oleh Ibu Tri Susmiati merupakan UMKM yang kompak dan terus berkembang, dalam sambutannya menyebutkan bahwa UMKM Pamulang Estate adalah UMKM pelaku usaha baru dimana hampir semuanya sudah berijin dan ingin terus berusaha untuk menjadi UMKM naik kelas dimana maju bersama, berkembang bersama. Dalam Pembukaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dihadiri oleh 30 pelaku UMKM dan 17 Kelompok Dosen yang siap akan mendampingi para UMKM dengan waktu kurang lebih satu bulan hingga selesai laporan akhir. Selain para dosen dan UMKM acara ini di buka  oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bpk. Dr. H. Endang Ruhiyat, S.E., M.M., CSRS., CMA., dan dihadiri Kaprodi Akuntansi Program Sarjana Ibu Effriyanti S.E, Akt., M.Si. CA. Keynote Speaker Bpk. Dr. Ali Maddinsyah, S.E., M.M dan tak kalah serunya di pandu oleh ibu Indawati S.E., M.M. selaku Master Of Ceremony yang dapat memandu acara, menghidupkan acara dengan pantunnya.

Para UMKM sangat antusias dan sangat senang karena bisa di dampingi langsung oleh para pakar dalam bidang Akuntansi Scope dan Digital Marketingnya agar terus menjadi UMKM yang naik kelas, “Saya berhadap acara semacam ini terus dijalankan dan terus mendamping para UMKM agar kami terus mendapatkan ilmu dan terus bertahan serta maju untuk memajukan usaha kami” ujar salah satu peserta UMKM  .

whatsapp-image-2021-10-15-at-15-42-19

Gambar.1
Sesi Foto Bersama

Teknis pelaksanaan PKM ini adalah bisa secara daring bisa juga secara offline namun tentu tetap mematuhi protokol kesehatan jika PKM diadakan secara offline, setelah acara pembukaan selesai maka para dosen dan pelaku UMKM diarahkan dalam satu forum untuk berdiskusi terkait dengan masalah dan kebutuhan UMKM, serta masalah-masalah dalam usahanya saat ini, dengan didampingin para dosen yang mumpuni di bidangnya, maka akan sejalan dengan kebutuhannya. Kami berharap para dosen dapat menjalankan tugas dengan baik dan para pelaku UMKM dapat merasa terbantu dalam kebutuhannya.

whatsapp-image-2021-10-15-at-15-42-26

Gambar. 2
Sesi pembinaan UMKM

Melihat dari gambar-gambar bahwa di setiap room zoom terdapat dosen dan UMKM, yang biasanya dalam satu kelompok dosen terdiri dari 4-5 orang dan 1-2 pelaku UMKM,  seperti dalam gambar 2 ada ibu Rosita Wulandari S.E., M.M. dan ibu susy dengan merk usahanya sambal pecel bu susy, ibu Dewi terkenal dengan brownies batiknya dan ibu Deisy dengan produk tasnya,acara hari ini berjalan dengan lancar dan berkesan.

whatsapp-image-2021-10-15-at-15-42-37

Gambar. 3
Keynote Speaker Memberikan Materi

Edited by Yulianto