Analisis Fundamental Galeri Investasi Universitas Pamulang

Penulis: Zahia – Anggota Galeri Investasi UNPAM

Sebelumnya, Galeri Investasi Universitas Pamulang sudah mengadakan kegiatan rutin mengenai edukasi investasi dan pasar modal melalui kegiatan yang dinamakan Sekolah Pasar Modal atau yang biasa disebut SPM. Tidak sedikit peserta yang telah mengikuti kegiatan Sekolah Pasar Modal yang langsung membuat akun sahamnya.

Dalam melakukan investasi saham, diperlukan beberapa analisis agar dapat menjadi investor yang sukses di kemudian hari. Salah satu analisis yang biasa digunakan oleh para investor adalah analisis fundamental.

Analisis Fundamental adalah pengamatan dan penilaian atas kondisi-kondisi yang mendasari pergerakan harga suatu aset. Dalam perdagangan saham, analisis fundamental mengacu pada laporan keuangan perusahaan yang bisa digunakan untuk mengetahui kesehatan perusahaan terkait. Analisis fundamental digunakan untuk mengetahui tentang dasar-dasar ekonomi, neraca, laporan laba rugi, dan sebagainya.

whatsapp-image-2021-10-11-at-10-20-09

Pada tanggal 10 Oktober 2021 pukul 12.45 WIB Galeri Investasi Universitas Pamulang telah melaksanakan kegiatan Analisis Fundamental yang dilakukan secara Online, Kegiatan Analisis Fundamental ini merupakan salah satu solusi bagi investor pemula, yang bingung dalam memilih perusahaan yang bagus secara fundamental laporan keuangan untuk diinvestasikan. Dalam Kelas Online ini peserta akan mendapatkan pemaparan cara menghitung valuasi suatu perusahaan melalui rasio-rasio laporan keuangan yang ada.

Kegiatan Analisis Fundamental ini merupakan kali kedua dilaksanakan secara daring pada tahun 2021 dengan jumlah peserta sekitar 118 peserta. Kegiatan kali ini dilaksanakan menggunakan aplikasi yang sudah menjadi langganan bagi masyarakat bila melakukan meeting online yaitu Zoom Cloud Meeting App.

Acara berlangsung selama 2 jam yang diawali oleh MC untuk pembukaan, lalu pembacaan doa, sambutan dari Direktur Galeri Investasi Unpam yaitu Ibu Rosita Wulandari, S.E., M.M. yang menyatakan bahwa Kegiatan Analisis Fundamental ini merupakan program kerja unggulan dari Galeri Investasi setelah Sekolah Pasar Modal dan dilanjutkan oleh moderator, kemudian dilanjutkan oleh narasumber yang sudah berpengalaman dibidangnya yaitu Bapak Sunarto S.E., M.M. Selaku Dosen Universitas Pamulang Program Studi Sarjana Akuntansi sekaligus praktisi Pasar Modal.

Antusiasme dari partisipan mengenai kegiatan Analisis Fundamental sangat terasa hingga akhir kegiatan, hal ini dapat dilihat pada sesi tanya jawab dimana para partisipan berlomba-lomba mengajukan pertanyaan untuk dijawab langsung oleh narasumber. Selain sesi tanya jawab, terdapat juga sesi door prize yang membuat para partisipan semakin antusias dalam mengikuti kegiatan Analisis Fundamental ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini para partisipan dapat paham cara menghitung fundamental perusahaan agar dapat berinvestasi dengan bijak dan penuh perhitungan matang.

Edited by. Yulianto