Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana bagi UMKM

Penulis : Ibu Siti Mundiroh, S.S., M.Ak.

whatsapp-image-2021-10-05-at-14-14-101

Dalam masa pandemi Covid-19 banyak usaha yang tidak dapat bertahan karena memang ekonomi sedang cukup menurun. Tidak sedikit usaha yang akhirnya harus gulung tikar karena kesalahan dalam menerapkan strategi pada masa pandemi seperti sekarang ini. Untuk dapat bertahan, wirausahawan harus dapat dengan cermat menganalisis situasi internal maupun eksternal. Tentu saja yang pertama harus dilakukan adalah analisis situasi internal usaha itu sendiri. Laporan keuangan merupakan salah satu tolak ukur guna melihat kinerja keuangan suatu usaha. Dengan adanya laporan keuangan yang akurat akan sangat membantu pemilik usaha untuk dapat menentukan kebijakan serta keputusan ekonomi maupun strategis sehubungan dengan usahanya. Untuk usaha-usaha yang sudah besar skalanya, laporan keuangan merupakan suatu hal wajib dan selalu disusun per periode. Namun tidak demikian halnya bagi usaha-usaha yang skalanya masih kecil seperti UMKM. Masih banyak pelaku UMKM yang kurang sadar akan pentingnya laporan keuangan, pun demikian masih banyak pula pelaku UMKM yang meskipun sudah sadar akan hal tersebut namun belum mampu untuk menyusun laporan keuangan yang akurat.

Hal inilah yang mendasari tim pengabdi untuk melaksanakan kegiatan PKM dengan tema “Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana bagi UMKM”. Tim pengabdi berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi dan juga pendampingan sehubungan dengan penyusunan laporan keuangan sederhana dapat meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM mengenai pentingnya penyusunan laporan keuangan, serta memahami bagaimana cara untuk menyusun laporan keuangan sederhana bagi UMKM. Sesuai dengan tema kegiatan, sasaran dalam kegiatan ini adalah para santri dan pengurus Pondok Pendawa yang mayoritas sudah mempunyai usaha yang tergolong sebagai UMKM.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 2 Oktober 2021 di Pondok Pendawa, Kampung Hambulu, Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang, Bogor secara luring dan tentu saja dengan penerapan prokes yang ketat karena masih dalam masa PPKM akibat Covid-19. Tim pengabdi terdiri dari 5 (lima) dosen Prodi Sarjana Akuntansi yaitu Ibu Siti Mundiroh, S.S., M.Ak. sebagai ketua pengabdi, Bapak Syamsul Asmedi, S.E., M.M., M.Ak. sebagai narasumber, Bapak Hari Stiawan, S.E., M.Ak., Bapak Syarifudin S.E., M.Ak. dan Ibu Fitria Eka Ningsih, S.E., M.Ak. sebagai anggota pengabdi.

whatsapp-image-2021-10-05-at-14-14-10

Kegiatan berjalan dengan lancar dengan jumlah peserta sekitar 30 santriwan dan santriwati. Antusiasme peserta tercermin jelas dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan para peserta sehubungan dengan penyusunan laporan keuangan. Kegiatan ini direncakan akan dilakukan secara berkelanjutan dengan agenda pendimpangan penyusunan laporan keuangan. Hal ini dilakukan karena penyusunan laporan keuangan tidak dapat hanya disosialisasikan dan dicontohkan saja, namun para peserta harus melakukan praktek langsung dengan menyusun laporan keuangan usahanya masing-masing yang tentu saja dengan didampingi oleh tim pengabdi.

Sebelum dimulainya kegiatan sosialisasi, peserta telah terlebih dahulu diminta untuk mengisi pre-test sebagai tolak ukur masukan (input), setelah acara selesai diselenggarakan para peserta diminta kembali untuk mengisi post-test guna mengetahui output dari hasil kegiatan yang telah dilakukan. Menilik pada perbandingan antara hasil pre-test dan post test dapat diketahui bahwa terdapat perkembangan yang cukup signifikan mengenai pengetahuan pentingnya laporan keuangan dan dasar-dasar laporan keuangan. Hal ini menunjukan bahwa kegiatan yang telah dilakukan cukup membuahkan hasil yang positif. Kiranya kegiatan ini dapat dilanjutkan dan dapat pula dilakukan di tempat-tempat lain sehingga para pengusaha UMKM dapat semakin teredukasi mengenai laporan keuangan.

Edited by : Yulianto