Pengabdian Kepada Masyarakat : Pembukuan Sederhana untuk UMKM di Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Kota Depok.

Penulis: Lodang Prananta Widya Sasana, S.Sos.,M.A

picture1

Pandemi Covid-19 telah membawa perekonomian nasional dan global ke arah resesi ekonomi. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan global yang negatif atau kontraksi. Salah satu sektor yang sangat terpukul oleh pandemi Covid-19 adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang juga menggerek turunnya perekonomian nasional.

Untuk itu, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, kami Dosen S1 Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang, yaitu  Lodang Prananta Widya Sasana, S.Sos.,M.A, Rudy, SE.,M.M,  Adi Supriadi, SE.,M.Akt, AK, CMA, RA. Kadarnanta, S.Sos, M.M, dan : Drs. H. Muslim, M.Pd tergerak untuk membantu pelaku UMKM agar dapat tetap bertahan dan berkembang di masa – masa Pandemi Covis 19 ini.

Tujuan Kegiatan PKM ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan dan  penyusunan pembukuan sederhana bagi pelaku UMKM di Kelurahan Cinangka kecamatan Sawangan Kota Depok agar pelaku UMKM tersebut dapat meningkatkan pemahaman pencatatan keuangan dan menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan.

Kegiatan PKM dilakukan pada tanggal 02-04 Juli 2021 tetapi oleh karena pelaksanaan PKM berbarengan dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM ) Darurat Covid 19 Di Wilayah Jawa Dan Bali yang berlaku mulai tanggal 03 – 20 Juli 2021, maka kegiatan PKM kami laksanakan secara Online sejak hari pertama dari melakukan wawancara, pelatihan dan pendampingan serta pengawasan dengan menggunakan aplikasi Google Meet.

Melalui kegiatan PKM ini semoga semua termotivasi untuk terus berinovasi dan berprestasi serta berkontribusi bagi dunia kampus, UMKM dan lingkungan sekitar.

Editor by Juli Ismanto