Webinar Beasiswa Luar Negeri Series Tiga ” How to be an Outstanding Candidate in Applying Scholarship ”

Penulis: Siti Mundiroh

Editor: Juli Ismanto

whatsapp-image-2021-07-24-at-20-16-46

Pendidikan merupakan hak semua warga negara dan setiap warga negara berhak untuk meningkatkan pendidikan hingga akhir hayatnya. Namun demikian terkadang tidak semua warga negara mempunyai kesempatan yang sama dalam mengenyam pendidikan, dalam hal ini pendidikan tinggi. Banyak yang masih berfikir bahwa pendidikan tinggi hanya diperuntukkan bagi mereka yang berasal dari keluarga mampu saja, sementara bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu harus rela untuk melepaskan mimpinya mengenyam pendidikan tinggi. Hal ini disebabkan oleh karena kurangnya informasi yang didapatkan mengenai beasiswa, sehingga kendala ekonomi seringkali menjadi momok utama dalam peningkatan pendidikan.

Melamar beasiswa memang bukanlah perkara yang mudah, banyak hal yang perlu dipersiapkan guna melamar beasiswa. Hal ini yang kemudian menjadi salah satu alasan banyak calon pelamar beasiswa batal untuk mengikuti seleksi beasiswa. Beasiswa yang tersedia saat ini sejatinya cukup banyak dan cukup beragam; ada beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri. Bagi yang menginginkan pengalaman belajar di luar negeri, beasiswa luar negeri menjadi salah satu solusi yang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak, rata-rata beasiswa luar negeri sudah mengcover semua kebutuhan penerima beasiswa; penerima beasiswa hanya perlu fokus terhadap studinya tanpa memikirkan biaya kuliah dan biaya hidup di negeri orang. Namun kembali lagi, masih kurangnya informasi mengenai beasiswa dan juga bimbingan untuk memperoleh beasiswa memupuskan sebagian besar impian para calon pelamar beasiswa.

whatsapp-image-2021-07-24-at-08-23-53

Untuk membantu para mahasiswa dan juga tenaga pendidik dalam memperoleh beasiswa, dosen-dosen Universitas Pamulang mengadakan kegiatan webinar beasiswa luar negeri yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dan juga tenaga pendidik yang ingin melamar beasiswa. Kegiatan webinar ini tidak hanya dilakukan sekali, karena memang kegiatan ini digagas untuk menjadi kegaitan yang berkelanjutan agar dapat mendampingi dan membimbing para mahasiswa dan tenaga pendidik secara optimal. Adapun kegiatan webinar series pertama dilakukan pada bulan Mei, kegiatan webinar series kedua dilakukan pada bulan Juni, dan kegiatan webinar series ketiga dilakukan pada bulan Juli, tepatnya kemarin tanggal 18 Juli 2021 melalui media zoom meeting.

Kegiatan webinar beasiswa luar negeri series ketiga diadakan oleh panitia yang beranggotakan 5 (lima) dosen yang terdiri dari 4 (empat) dosen Program Studi S-1 Akuntansi dan 1 (satu) dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, yaitu bapak Eka Rima, S.Pd., M.Pd., bapak Prima Sadewa, S.Pd., M.Pd., bapak Johan Syahbrudin S.Pd., M.Pd., bapak Samsul Marpitasa, S.Pd., M.Pd, dan ibu Siti Mundiroh, S.S., M.Ak. Adapun tema yang diusung dalam webinar series ketiga ini adalah How to be an Outstanding Candidate in Applying Scholarship” dengan tiga pembicara yang luar biasa. Para pembicara merupakan para penerima beasiswa S3 intake tahun 2021 di USA dari Fulbright. Pembicara pertama adalah Bapak Heri Yusup, beliau merupakan seorang dosen bahasa inggris di Unisma 45 dan President University. Sebelum menjadi penerima beasiswa Fulbright beliau juga menerima beasiswa program pasca sarjana luar negeri dari Kemenristekdikti di The University of Birmingham. Narasumber kedua adalah Bapak Angga Hidayat yang merupakan dosen Matematika Universitas Pamulang, yang juga penerima beasiswa Fulbright untuk pendidikan S3 (program doctoral) di The Ohio State University. Sebelumnya beliau juga sudah menjadi penerima beberapa beasiswa seperti beasiswa Unggulan, beasiswa Indosat, beasiswa BBM dan juga beasiswa PPA. Adapun narasumber ketiga adalah Ibu Laurentia Sumarni yang merupakan dosen Bahasa Inggris di Universitas Sanata Dharma (Yogyakarta) dan juga merupakan penerima beasiswa Ford Foundation dalam pendidikan master di Australian Nation University dan penerima beasiswa Fulbright untuk pendidikan S3 (program doctoral) di The Ohio State University.

Kegiatan berlangsung dengan lancar, dengan sekitar 70 peserta yang hadir. Antusiasme para peserta terlihat jelas dalam sesi tanya jawab yang dilakukan dimana banyak peserta yang memberikan pertanyaan dan tanggapan lebih lanjut mengenai materi yang disampaikan. Kegiatan ini selain diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi para peserta untuk melamar beasiswa luar negeri juga diharapkan memberikan pemahaman yang cukup mengenai hal teknis seperti membuat essai yang baik, mengisi formulir pendaftaran beasiswa dan menghadapi seleksi interview.
Semoga kegiatan pendampingan dan bimbingan ini dapat terus berlanjut agar dapat terus mendampingi para mahasiswa dan juga tenaga pendidik dalam melamar beasiswa.