PKM DOSEN DALAM PENGENALAN DASAR-DASAR INVESTASI PADA MASYARAKAT LINGKUNGAN KAMPUNG BUARAN SERPONG

Penulis: Juitania

Editor: Juli Ismanto

whatsapp-image-2021-07-05-at-15-21-47

Masyarakat umum khususnya Ibu rumah tangga menjadi salah satu sasaran dalam sosialisasi dan edukasi produk keuangan karena kedudukan ibu rumah tangga sebagai pengatur pergerakan ekonomi keluarga salah satunya adalah pengelolaan keuangan. Ibu Rumah Tangga tidak hanya memikirkan bagaimana memenuhi kebutuhan jangka pendek seperti kebutuhan primer, tapi juga merencanakan bagaimana memenuhi kebutuhan lainnya seperti investasi. Perencanaan keuangan yang rapih dan teratur yang dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga dapat mengalokasikan dana surplus dalam bentuk investasi, yang diharapkan akan mensejahterakan keluarga. Permasalahan yang umum terjadi pada Ibu Rumah Tangga adalah ketidakpahaman seperti apa itu investasi? Bagaimana cara memilih investasi yang baik dengan risiko relatif rendah namun pengembalian besar?.  Dosen Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang; Andri Syahputra, Suharna, Juitania, I Gede Adi Indrawan, dan R. Ai Lutfi Hidayat melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Pada Ibu Rumah Tangga di Lingkungan RT 13 RW 03 Kampung Buaran Serpong dengan menggunakan media zoom video conference.

Ibu rumah tangga pada lingkungan RT 13/RW 03 Kampung Buaran Serpong merupakan ibu – ibu yang mayoritas sebagai ibu rumah tangga yang tidak bekerja, sehingga mengutamakan pendapatan hanya dari suami atau kepala rumah tangga, mereka memiliki rata –rata jumlah anak sebanyak 3-4 anak dalam usia sekolah, sedang mereka dihadapkan dengan masa pensiun.

Selain itu, Ibu Rumah Tangga Kampung Buaran Serpong merupakan rumah tangga kalangan menengah kebawah, tentu ini menjadi potensi untuk dilakukan kegiatan sosialisasi pengenalan dasar-dasar investasi karena dana yang beredar dalam keluarga tidak cukup besar tetapi dapat melakukan kegiatan investasi untuk masa depan.

Berdasarkan hal – hal tersebut, menjadi alasan mengapa pentingnya edukasi dasar – dasar investasi diberikan. Untuk memecahkan masalah yang ada adalah melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi bagi para peserta dalam mengenal bagaimana cara dan mengelola investasi dengan tepat, dan membantu menganalisis atas pilihan instrument investasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan keluarga. Kegiatan Pengabdian ini diharapkan dapat menjadi wawasan baru bagi masyarakat yang kurang paham mengenai investasi dapat melakukan investasi sederhana sesuai dengan dana yang ada dan tidak terjebak pada investasi “bodong”.