Press Release PKM Mahasiswa “Sosialisasi Pentingnya Manfaat Menabung Sejak Dini”

Penulis: Muhamad Nuh (Mahasiswa Unpam) 

Editor: Juli Ismanto

124

Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang atau pendapatan yang dimiliki untuk disimpan dengan tujuan untuk mengelola uang tersebut. Manfaat menabung bisa diperoleh hasilnya ketika kita menjalani kegiatan menabung ini secara rutin dan tekun. Hal tersebut bertujuan untuk menjalankan pola hidup hemat dan juga merupakan pembangunan karakteristik untuk tidak menghaburkan uang yang semestinya diterapkan sejak dini. Manfaat menabung memang tidak bisa dipungkiri kegunaannya bagi kehidupan, terlebih pada bidang keuangan. Tidak jarang orang yang berpenghasilan tinggi, namun tidak terlihat hasilnya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena cara mengatur keuangannya yang belum benar yang ditambah pula dengan kebiasaan tidak menabung. Kegiatan menabung memang sering dirasakan sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang, padahal jika kita mengetahui manfaat menabung ini, tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.

1233

Dengan ini kami mahasiswa Universitas Pamulang mengadakan Pengabdian (Mahasiswa) Kepada Masyrakat dengan tema ”Sosialisasi Pentingnya Manfaat Menabung Sejak Dini” yang berlangsung pada hari Kamis, 18 Maret 2021 Bertempat di Lembaga Pendidikan  Ziadatul Khoir Center  dengan alamat JL, Delima Jaya Rt 05/02 No. 37 Kp. Setu Rempoa Kec. Ciputat Timur Tangerang Selatan, dimulai dari pukul 15.00 hingga pukul 17.00 WIB. Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini ditujukan untuk para santri tingkat Sekolah Dasar Hingga Sekolah Menengah Pertama, dimana mereka membutuhkan pengarahan dan motivasi untuk menabung sejak dini guna membentuk kepribadian yang baik dan hemat serta mewujudkan impian mereka dimasa depan nanti. Dalam pelaksanaan kegiatan ini kami tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan, sehingga peserta yang hadir dalam kegiataan diikuti oleh 20 orang peserta remaja.

123

Kegiatan ini berjalan dengan baik karena dipandu oleh Rizky Sangaji selaku pembawa acara, yang kemudian diisi dengan sambutan-sambutan pengisi acara. Sambutan yang pertama dibawakan oleh Ibu Talitha Varian, S. Hum Selaku Kepala Sekolah, untuk sambutan kedua dibawakan oleh Dosen Pembimbing kami dari Universitas Pamulang yaitu Ibu Napisah, S.E., M.AK dan Sambutan terakhir dibawakan oleh ketua pelaksana kegiatan PMKM Muhamad Nuh. Kegiatan selanjutnya yaitu pemberian materi yang dibawakan oleh Esty Agustin Dan Annisa Niken Larasati mengenai pentingnya menabung sejak dini dan berbagi tips menabung untuk anak seusia mereka. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian celengan untuk para pelajar sehingga mereka bisa mulai menerapkan menabung setelah acara PMKM ini. Acara selanjutnya diisi dengan sesi foto bersama dan pembagian snack. Setelah itu penutupan acara dilakukan dengan doa bersama.

122