Press Release PKM Mahasiswa Akuntansi “PENINGKATAN KREATIVITAS, PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK KASAR DAN PEMAHAMAN PENTINGNYA MENABUNG SEJAK USIA DINI PADA ANAK-ANAK DI DAERAH BANKSASUCI”

Penulis: Yesi Febriyani ( Mahasiswa Akuntansi Unpam)

ss1

Banksasuci adalah sebuah tempat berkumpul dan bermain untuk warga yang hidup di pinggir danau cisadane. Dengan segala keterbatasan yang ada, mereka tanpa menyerah menimba ilmu dan belajar dengan tenaga pengajar dengan suka rela. Situasi seperti ini membuat para akademis khususnya para mahasiswa/i Prodi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang peduli dengan situasi yang di hadapi oleh anak-anak banksasuci, untuk melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Memberikan materi tentang pentingnya menabung sejak usia dini. Agar anak-anak disiplin dalam menyimpan uang dengan baik, agar menjadi bermanfaat bagi anak-anak banksasuci dan tentunya meningkatkan kretivitas pada anak-anak banksasuci. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berlangsung pada tanggal 05 April 2021.

Terhitung kurang lebih 2 bulan dalam pelaksanaan Kegiatan PMKM Prodi Akuntansi S1 2021 di Saung Banksasuci RT. 003 RW. 001, Pananggung Barat, Kec. Cibodas, Kota Tangerang – Banten 15122. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penyelesaian. Dimulai dari rapat panitia sebelum hari H dan pelaksanaan , panitia telah menyiapkan beberapa hal seperti, merancang materi, menyusun roundown yang akan berjalan selama 1 hari H berlangsung.

ss2

Hari pertama sekaligus hari terakhir di laksanakan pada senin, tanggal 05 April 2021. Pembukaan kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WIB. Semua peserta/anak-anak Banksasuci dikumpulkan di aula serbaguna. Lalu dimulai sambutan oleh ketua pelaksana dan di saksikan oleh dosen Pembiming via Gmeet/Vicon (Ayumi Rahma, S.E.,M.Akt). selanjutnya  Kegiatan di awali dengan sapa menyapa pada anak-anak bangksasuci agar memberikan kesan akrab dan tidak membuat anak-anak merasa canggung dan malu saat kegiatan berlangsung. Setelah sapa menyapa pun selesai dilanjutkan dengan menghias menggunakan kacang hijau. Ini adalah salah satu meningkatkan kretivitas pada anak, juga memberikan.

ss3

pengalaman baru untuk mengeksplor dan melatih agar anak fokus dengan apa yang di kerjakan. Setelah menghias pun selesai, anak-anak di ajak untuk mengikuti game motorik kasar yang bermanfaat terhadap perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor pada anak. Game di awali dengan lompat sambil memegang bola, lalu bola di lempar pada tempat yang telah panitia sediakan, lalu anak disuruh berlari dan menghitung ada berapa jumlah pada gambar yang telah panitia tunjukan, setelah itu anak berlari zig zag sambil mengambil angka sesuai dengan yang ia telah hitung, angka kembali di tunjukan pada panita.

ss4

Kegiatan Berlangsung dari pukul 09.00 – 10.30 WIB. Dilanjut dengan pembagian celengan dan hadiah hingga pukul 11.00 WIB. Dan kegiatan di akhiri dengan pembacaan doa dan sesi foto dengan seluruh pengisi acara kegiatan pelaksanaan PMKM tersebut.

Kesan selama kegiatan, belajar sambil bermain bersama anak-anak banksasuci adalah perasaan tak bisa di jelaskan. Melihat berlari dan tertawa sambil meninkmati selama kegiatan, adalah perasaan yang amat sangat luar biasa, pengalaman hidup yang tak pernah bisa di lupakan adalah moment belajar sambil bermain dengan mereka. Harapan kami adalah semoga anak-anak dimanapun kalian berada bisa mendapatkan pendidikan dengan layak, sama halnya bermain dengan semestinya agar kalian bisa bertumbuh menjadi yang orang tua kalian harapkan.

Pesan, Jangan pernah lelah berbagi ilmu dengan sesama manusia terlebih lagi anak-anak mereka adalah cikal bakal harapan bangsa yang harus kita jaga dan didik dengan baik. Agar menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa.