PKM DOSEN DALAM MENCIPTAKAN UMKM TANGGUH MELALUI TERTIB LAPORAN KEUANGAN OLEH DOSEN PRODI SARJANA AKUNTANSI UNPAM.

Penulis: Suciati Muanifah, S.E., M.M

s1

Pandemi Virus Corona 19 yang melanda dunia, tidak terkecuali Indonesia sejak Bulan Maret 2020 lalu, mengharuskan pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemberlakuan tersebut membawa dampak terhadap dunia pendidikan, baik ditingkat sekolah maupun universitas, sehingga harus melakukan kegiatan belajar mengajar jarak jauh.  Dengan ini, diperlukan metode pembelajaran jarak jauh yang efektif melalui media online.

Program Studi Sarjana Akuntansi sebagai salah satu prodi dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang memiliki kewajiban melakukan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh para dosen. Pada hari Minggu (09/05/2021), Program Studi Sarjana Akuntansi mengadakan Focus Grup Discussion Pengabdian Kepada Masyarakat  (PKM) bertemakan “Menciptakan UMKM Tangguh Melalui Tertib Laporan Keuangan”.

s2

Acara FGD PKM ini dibuka oleh MC Bapak Yulianto, S.E., M.M selaku dosen PRODI Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang. Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kali ini adalah ceramah, pelatihan dan pendampingan dalam membuat laporan keuangan sederhana kepada salah satu Mitra dari UMKM  Frozen Food Indonesia yaitu Ibu Lian. Dengan beberapa penyampaian materi terkait kegiatan PKM dari  Narasumber terdiri dari :

  1. Suciati Muanifah, S.E., M.M. selaku Ketua Pelaksana PKM dan sebagai Dosen Tetap PRODI Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang, yang memberikan ceramah mengenai pengantar pembelajaran jarak jauh serta pengantar siklus akuntansi.
  2. Yenni Cahyani, S.E, M.M, selaku Dosen Tetap PRODI Sarjana  Akuntansi Universitas Pamulang yang memberikan pelatihan tentang Strategi Pemasaran dalam usaha di masa Pandemi COVID 19, seperti 4 P.
  3. Syamsul Mu’arf, S.E., M.M. selaku Dosen Tetap PRODI Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang yang memberikan pelatihan tentang Market Place yang tepat sesuai kondisi Pandemi.

Salah satu Mitra Pada PKM saat ini adalah Ibu Marliana selaku UMKM dari FROZEN FOOD INDONESIA dengan produk usahanya adalah kue kering dan minuman segar. Pendampingan PKM ini dilakukan secara online dan offline untuk memberikan pemahaman dan pelatihan terkait pembuatan Laporan Keuangan Sederhana. Pada sesi pertama, Ibu Suciati Muanifah, S.E., M.M. memaparkan tantangan bagi pelaku UMKM yang dihadapi semasa pandemi sekarang ini. “Secara umum, ada tiga hal yang menjadi tantangan bagi para pelaku UMKM: minimnya pemahaman terkait pembuatan laporan keuangan, pandemi yang sedang terjadi sekarang ini, serta percepatan zaman 4,0” katanya. Dengan adanya tantangan-tantangan tersebut, penting bagi para UMKM untuk melatih penyusunan Laporan Keuangan sehingga menciptakan disiplin dalam Usahanya agar UMKM yang dijalankan berkembang dan menguntungkan.

Pada sesi pelatihan, Ibu Yenni Cahyani, S.E., M.M. dan Bapak Syamsul Mua;arif, S.E., M.M.  memberikan materi pelatihan tentang bagaimana Strategi Pemasaran yang baik bagi pelaku UMKM pada masa Pandemi COVID 19 sekarang ini. Kegiatan webinar PKM ini dihadiri oleh 8 peserta, yang diantaranya 4 Dosen, 3 Mahasiswa dan 1 Mitra dari UMKM FROZEN FOOD. Harapannya, di samping meningkatkan kemampuan bagi pelaku UMKM dalam menyusun laporan Keuangan Usahanya juga dapat menciptakan UMKM Tangguh melalui Tertib Laporan Keuangan. Sehingga pelaku UMKM dalam hal ini Ibu Marliana dapat mengimplementasikan pada kegiatan usahanya yang awalnya sama sekali tidak menggunakan pembuatan Laporan Keuangan hingga akhirnya mendapatkan pemahaman sekaligus langsung praktek pembuatan Laporan Keuangan demi menciptakan UMKM Tangguh melalui tertib Laporan Keuangan.