PKM Mahasiswa Dalam Literasi Informasi Pada Anak Usia Dini

Penulis : Fina Oktafianingsih (Mahasiswi Universitas Pamulang)

Dizaman Era Digital ini dalam mendapatkan Informasi  sangatlah mudah.  Dengan kemudahan mengakses informasi dapat membantu siapapun untuk memenuhi kebutuhan pada saat ini yang serba digital, pada sisi lain dengan tidak memiliki keterampilan di dunia digital, maka hal ini akan berdampak negatif bagi siapapun.  ini membuat kita harus menyeleksi informasi yang kita dapatkan agar tidak salah dalam menerima informasi. Salah satu untuk menghindari hal tersebut adalah dengan banyak membaca.  Di halaman kominfo, menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. Dengan fakta tersebut menunjukan minat baca saat kanak kanak sangat rendah.

Dengan data tersebut kami  sebagai Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Akuntansi (Audriyana Intan Septiani Putri, Caessa Deana Yuniar, Diana Restiawati, Fina Oktafianingsih, Siti Mutmainah) bersama-sama dengan didampingi oleh Ibu Mita Sicillia, S.Kom.,M.M selaku Dosen  Pembimbing  Kelompok Pengabdian (Mahasiswa) Kepada Masyarakat (P(M)KM) Universitas Pamulang melaksanakan acara P(M)KM di Yayasan Yatim Dan Dhuafa Domyadhu, Jalan Surya Kencana Raya Blok A9 Rt 12 / 22 Kel. Pamulang Barat Kec Pamulang,Tangerang Selatan, Banten 15417.

fin1

Adapun fokus tema pada pelaksanaan kegiatan P(M)KM tersebut adalah Membangun Karakter Dan Memberikan Pemahaman Mengenai Pentingnya Literasi Pada Anak Usia Dini. Kegiatan tersebut bertujuan membuat anak usia dini mampu memiliki pola pikir kritis, logis dan percaya diri. Bukan hanya belajar membaca kita akan membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan menulis, berbicara dan menghitung. Dalam membantu meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara kita ada kegiatan membaca, menulis cerita dan berita. Anak anak belajar untuk menulis dan membaca cerita dan berita dangan baik. Dengan adanya kegiatan ini, kedepannya diharapkan mereka percaya diri dan dapat mengambil kesimpulan dari informasi yang dibaca dengan baik.

Diakhir acara kami memberikan bingkisan sebagai apresiasi kepada anak anak dari hasil pertunjukan mereka dalam membaca puisi dan berita dan sebagai bentuk terima kasih kami kepada mereka yang telah mengikuti kegiatan P(M)KM sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar.