Kegiatan Galeri Investasi Dalam Pendampingan Transaksi Dan Analisis Teknikal

Penulis : Siti Zahia Humairoh

g1

Pada hari Sabtu tepatnya tanggal 05 Juni 2021, Galeri Investasi Universitas Pamulang telah mengadakan salah satu agendanya yaitu Pendampingan Transaksi Dan Analisis Teknikal. Perlu diketahui Pendampingan Transaksi Dan Analisis Teknikal ini merupakan kegiatan lanjutan dari Sekolah Pasar Modal. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu para investor pemula dalam berinvestasi di Pasar Modal.

Analisis Teknikal adalah metode analisis untuk memperkirakan arah pergerakan harga di masa depan dengan mempelajari data harga di pasar pada periode sebelumnya yang telah terbentuk di atas chart. Analisis teknikal berkaitan dengan mempelajari kinerja sejarah pergerakan harga dengan mengukurnya kepada pergerakan harga di masa depan.

g2

Salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Galeri Investasi Universitas Pamulang yang bertujuan untuk membantu investor pemula dalam memulai transaksi jual beli dan melakukan analisis pada suatu perusahaan, yaitu Pendampingan Transaksi dan Analisis Teknikal. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu kesempatan untuk belajar cara bertransaksi saham khususnya untuk para mahasiswa Universitas Pamulang yang masih bingung bagaimana cara jual dan beli sekaligus melakukan analisis teknikal dalam memilih suatu emiten. Peserta yang mengikuti kegiatan Pendapingan Transaksi Dan Analisis Teknikal pada tanggal 05 Juni 2021 mencapai 141 orang yang terdiri dari mahasiswa Universitas Pamulang dan umum.

g3

Masih di tengah kondisi pandemi Covid 19. Pada kegiatan Kelas Analisis kali ini  masih dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting yang berlangsung selama 2 jam lebih. Acara ini diawali pembukaan oleh MC, selanjutnya sambutan oleh Ibu Rosita Wulandari, S.E., M.M. Selaku Direktur GI UNPAM. Kemudian pembacaan doa oleh Faisal Thabrani, dilanjutkan oleh moderator, dan selanjutnya diisi oleh pemateri. Pemateri Pendampingan Transaksi Dan Analisis Teknikal kali ini menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman dalam bidang pasar modal dan juga merupakan Alumni Galeri Investasi UNPAM 2019, yaitu Kak Febri Teguh, S.Ak.

Beliau mengatakan bahwa Kegiatan Analisis Teknikal ini merupakan kegiatan yang penting untuk diikutsertakan karena dapat membantu para investor dalam mempelajari data harga di pasar yang berbentuk grafik. Diharapkan para investor dapat mengerti bagaimana bertransaksi jual beli saham dengan berfokus pada pergerakan harga saham sehingga memudahkan dalam memilih perusahaan untuk diinvestasikan.

g4

Dalam pelaksanaannya, pemateri membahas mengenai Analisis Teknikal secara general dengan sangat baik, banyak partisipan yang sangat tertarik dengan materi ini terbukti dengan antusiasme dari partisipan yang bertanya mengenai Analisis Teknikal ini. Pemateri juga mempraktekan bagaimana cara menganalisis setiap candle dan pattern, serta tips and trick yang sangat bermanfaat.

Harapan kami, setelah mengikuti kegiatan Pendampingan Transaksi dan Analisis Teknikal ini, teman-teman investor pemula tidak lagi bingung dalam melakukan transaksi jual dan beli dalam saham dan juga mampu menganalisis suatu emiten dari sisi teknikalnya.

Salam Investasi!