Peningkatan Good Governance dan Membangun Team Building oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang

Penulis: Listya Sugiyarti, S.E., M.M.

t1

Dosen dan Mahasiswa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di kawasan Pabrik Tahu Na Po Tet, Pamulang, Tangerang Selatan. Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Peningkatan Good Governance dan Membangun Team Building” pada sekolah Playgroup & Kindergarten Little Bee House dan SD An-Nahl Pamulang menggunakan metode penyuluhan, pelatihan dengan paparan riil dilapangan, diskusi kelompok, tanya jawab, role play dan games. Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut dilaksanakan pada tanggal 19-21 Maret 2020 mendapat sambutan baik oleh kepala sekolah Playgroup & Kindergarten Little Bee House dan SD An-Nahl. Adapun peserta dari kegiatan tersebut adalah guru, tim manajemen dan komite sekolah. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan sesuai protokol kesehatan, dimana para peserta sebelum masuk ke area kegiatan sudah di cek suhu, mencuci tangan, serta diterapkannya social distancing dan diwajibkan menggunakan masker.

t2

Ibu Effriyanti, S.E., Akt, M.Si, CA yang selalu mendukung kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, tim dosen yang terlibat yaitu Listya Sugiyarti, S.E., M.M., CFA, Siti Hanah, S.E., M.M, Nur Asmilia, S.E., M.M., AK dan tim mahasiswa selaku pengabdi dan sekaligus sebagai narasumber menyampaikan materi mengenai bagaimana meningkatkan good governance dan membangun kerjasama yang baik dalam organisasi. Untuk mencapai good governance, meningkatkan kualitas sekolah baik dari sumber daya manusia ataupun non-sumber daya manusia dibutuhkan kerjasama/team building yang solid.

Selaku kepala sekolah Playgroup & Kindergarten Little Bee House dan SD An-Nahl Pamulang, Ibu Chairiah Hayatun Nufus, S.Pd mengatakan senang dengan adanya tim PKM dosen dan mahasiswa dari Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang, materi dan pelatihannya sangat relevan dengan aktifitas yang dijalankan di sekolah diantaranya penerapan good governance dan team building yang harus tetap solid. Materi yang disampaikan dari narasumber bahwa team building memiliki key succes yang terdiri dari visi, program, posisi tugas, dan komunikasi yang berfungsi untuk membangun tim yang efektif dan efisien. Team building adalah proses mengumpulkan orang yang tepat untuk bekerja bersama secara efektif untuk mencapai tujuan dari sebuah organisasi atau komunitas tersebut. Untuk membangun team building butuh tujuh unsur keberhasilan yaitu workout, empower, assistance, together, hand in hand, enable, respect.

t3

Dengan penyuluhan dan pelatihan disertai dengan kegiatan games yang bertujuan untuk menjalin silahturahmi antara tim pengabdi dengan sekolah Playgroup & Kindergarten Little Bee House dan SD An-Nahl Pamulang, juga mempersolid tim sekolah disambut sangat antusias dan gembira. Selain bertujuan menjalin silahturahmi acara games ini juga bertujuan untuk menjaga kesehatan agar dapat meningkatkan imunitas tubuh para dosen, mahasiswa, guru dan tim menajamen sekolah yang mengikuti acara game tersebut, mereka merasa bermanfaat dan memiliki mentor yang mumpuni sehingga berharap pengabdian kepada masyarakat ini berkelanjutan.

Ed. by JI