Sekolah Pasar Modal Online Galeri Investasi Universitas Pamulang

Penulis: Rosita Wulandari, SE., MM

spm

Dunia investasi khususnya saham dan reksadana semakin lama semakin diminati oleh masyarakat luas, oleh karena itu edukasi dari berbagai elemen lembaga pasar modal, investor, dan praktisi pun perlu dimarakkan dan ditingkatkan. Salah satunya adalah dengan mengadakan Sekolah Pasar Modal (SPM) untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan lebih mendalam tentang apa itu pasar modal beserta produk-produk di dalamnya.

Galeri Investasi Universitas Pamulang kembali mengadakan Sekolah Pasar Modal (SPM) untuk kali kedua pada tahun 2021, yang dikhususkan bagi mahasiswa Reguler C. Kegiatan ini di harapkan mampu manambah pengetahuan serta motivasi dalam memulai berinvestasi di dunia pasar modal, sama seperti kegiatan sebelumnya SPM ini juga dilaksanakan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting Apk.

Acara SPM kali ini diadakan pada Kamis, 25 Maret 2021. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan dibuka oleh  MC, yaitu Adam Sutanto Sanjaya lalu pembacaan Do’a oleh Anggi Rizki Amalia dan dilanjutkan oleh moderator, kemudian pemateri. Sambutan dari Ibu Effriyanti, S.E. Akt., Msi., CA. Selaku Ketua Program Studi S1 Akuntansi, mengatakan masa-masa pandemi ini tidak akan menyudutkan langkah kita untuk mengetahui dan memahami lebih lanjut apa itu pasar modal, investasi dan bagaimana cara melaksanakan investasi. Kegiatan yang dilakukan Galeri Investasi Universitas Pamulang ini dilakukan sebagai pemahaman mengenai investasi untuk meminimalisir adanya ketimpangan antara teori dan aplikasinya.

Dalam SPM kali ini Galeri Investasi Universitas Pamulang mendatangkan dua  pemateri yaitu Ibu Rizka Kardina perwakilan dari IDX Banten dan Pak Krishna Dwi Setiawan selaku Head of Lots Services PT Lotus Andalan Sekuritas.

Dalam paparannya Ibu Rizka Kardina mengatakan untuk investor pemula yang ingin memulai berinvestasi  haruslah banyak belajar, baca berita, kenali perusahaan yang baik dan memiliki kinerja yang bagus, bagi yang baru dan masih awam dalam dunia pasar modal alangkah baiknya untuk mengikuti RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham), walaupun kita hanya memiliki 1 lot, tetapi kita sudah bisa ikut RUPS, sehingga kita tau rencana perusahaan yang kita investasikan kedepannya seperti apa, serta sering ikut kelas-kelas saham.

spm1-png

Pemateri kedua yaitu Pak Krishna Dwi Setiawan, memaparkan materi mengenai pengenalan sekuritas yakni Lotus Sekuritas, beliau menjelaskan bagaimana cara memulai berinvestasi, media yang dapat di gunakan dalam jual beli saham, serta menjelaskan saham yang bagus seperti apa.

spm2-png

Diakhir materinya Pak Krishna memberi tips bagi investor pemula, dia mengatakan harus banyak belajar, modal kalian sekarang hanya kuota, kalian biasa menemukan literatur secara gratis dan tersedia lengkap apakah itu dari blog orang ataupun dalam bentuk Ebook, karena menjadi investor hanya dengan Rp.100.000 kalian sudah bisa memulai berinvestasi.

Investasi Saham identik dengan investasi dengan modal besar, tapi dengan program Yuk Nabung Saham hanya dengan Rp. 100.000,- teman-teman mahasiswa bisa berinvestasi pada saham-saham tertentu dan mendapatkan fasilitas dan informasi rekomendasi jual-beli saham. Jadi, jangan ragu untuk memulai investasi sejak dini.

Ed by Admin