KELAS TAX CENTER “PPh BADAN PART I (Rekomendasi untuk Ujikom)”

Penulis: Vitha Putri Utami

narasi-ktc-pph-badan-part-i-20-maret-2021_page_1

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang. Sebagai negara berkembang, Indonesia memerlukan sumber penerimaan yang besar untuk dapat membiayai pengeluaran negara, baik pengeluaran rutin maupun pengeluaran pembangunan yang berada di pusat ataupun daerah. Salah satu penerimaan negara yang terbesar dan paling dominan sampai saat ini adalah berasal dari sektor perpajakan.
Peranan pajak bagi suatu negara menjadi sangat dominan dalam menunjang jalannya roda pemerintahan dan pembiayaan pembangunan. Artinya pajak merupakan penerimaan yang paling potensial bagi keberlangsungan pembangunan Negara Indonesia karena pajak meningkat seiring dengan meningkatnya kualitas dan taraf hidup masyarakat. Pajak menciptakan kemandirian bangsa tanpa harus menggantungkan harapan kepada negara lain seperti pinjaman atau bantuan luar negeri.

Sumber penerimaan negara dari sektor perpajakan ada banyak macamnya. Salah satunya adalah Pajak Penghasilan Badan (PPh Badan), yaitu pajak penghasilan yang dikenakan kepada sebuah badan usaha atas penghasilan atau
laba usahanya baik dari dalam negeri maupun pendapatan luar negeri. Wajib pajak badan memiliki kewajiban untuk membuat pencatatan dan/atau pembukuan sebagai suatu proses yang dilakukan secara teratur untuk menyusun suatu laporan keuangan khususnya secara fiskal, yaitu sebagai dasar perhitungan PPh Badan.

Perhitungan PPh Badan ini menjadi sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia akuntansi khususnya perpajakan. Bahkan PPh Badan menjadi salah satu materi yang diujikan dalam Uji Kompetensi Mahasiswa S1 Akuntansi di Universitas Pamulang. Maka dari itu, kali ini Tax Center Universitas Pamulang mengadakan kegiatan rutinitas, yaitu Kelas Tax Center (KTC) dengan mengangkat tema “PPh Badan Part I (Rekomendasi untuk Ujikom)”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai PPh Badan khususnya bagi mahasiswa/i yang sedang mempersiapkan Uji Kompetensinya.

Kegiatan KTC yang diselenggarakan oleh Tax Center kali ini dilaksanakan pada 20 April 2021 sejak pukul 09:00 WIB – 11:30 WIB secara daring melalui Zoom Cloud Meeting, dan diikuti oleh total 47 peserta dari kalangan Mahasiswa dan Dosen Universitas Pamulang dan beberapa Universitas lain, serta Masyarakat Umum. Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh saudari Maria Magdalena sebagai pemandu acara/MC diikuti dengan pembacaan doa oleh saudari Rina Mariana. Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh saudari Vitha Putri Utami selaku Ketua Pelaksana; dilanjutkan oleh ibu Wahyu Nurul Hidayati, S.E., Ak., M.Ak., selaku Ketua Organisasi Tax Center; dan sambutan terakhir yang sekaligus sebagai pembuka acara oleh ibu Listya Ike Purnomo, S.E., M.M., selaku Wakil Ketua Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang.

narasi-ktc-pph-badan-part-i-20-maret-202111_page_3

Selanjutnya sebelum memulai sesi pemaparan materi, saudara Dzikri Maulana Sidikh selaku moderator membacakan CV singkat ibu Aris Sanulika, S.E., M.Ak., yang hadir sebagai narasumber dalam acara ini. Dalam sesi pemaparan materi ini dibahas terkait PPh Badan, mulai dari peraturan-peraturan, tarif pajak, koreksi fiskal, sampai ke perhitungannya. Setelah pemaparan materi selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diikuti secara aktif oleh para peserta, di mana narasumber kali ini memberi kuis terkait perhitungan PPh Badan, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta lain.

Sesi tanya jawab juga dilakukan untuk mencari peserta pemenang doorprize yang diberikan langsung oleh ibu Aris Sanulika selaku narasumber. Doorprize dalam acara kali ini dimenangkan oleh dua peserta, yaitu (1) Fajrianti Azani, sebagai peserta yang menjawab kuis tercepat dan benar, serta (2) Putri Rachmi Ogansi, sebagai penanya terbaik. Masing-masing pemenang mendapatkan saldo OVO/Gopay sebesar Rp50.000,00,- yang langsung dikirimkan setelah acara berakhir.

Setelah sesi pemaparan materi dan tanya jawab selesai, acara kemudian ditutup oleh saudari Maria Magdalena selaku MC. Acara berakhir pukul 11:30 WIB dengan sukses, lancar dan tetap kondusif. Dengan diadakannya KTC bertema “PPh Badan Part I (Rekomendasi untuk Ujikom)” ini, diharapkan dapat memberi ilmu yang bermanfaat terkait PPh Badan dan perhitungannya, terutama bagi Mahasiswa/i yang akan melaksanakan Ujikom. Kami berharap, acara ini juga akan memberi pengalaman baru kepada panitia dan penyelenggara untuk dapat lebih baik baik dalam melaksanakan KTC dan kegiatan-kegiatan berikutnya.

Ed by Admin