Pengenalan Akuntansi Dasar Pada UMKM Roti Eyang Guna Meningkatkan Sustainability

Ditulis oleh: Putri Nurmala

21

Dosen Fakultas Ekonomi Program Studi S1 Akuntansi menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui Zoom Meeting kepada pelaku UMKM Roti Eyang. PKM ini mengangkat tema “Pengenalan Akuntansi Dasar Pada UMKM Roti Eyang Guna Meningkatkan Sustainability”.

pengenalan-akuntansi-dasar-umkm_page_1

Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 April 2021 yang dihadiri oleh lima peserta, yaitu dari Universitas Pamulang dihadiri oleh tim dosen akuntansi, Putri Nurmala, S.E., M.Si., Akhmad Sigit Adiwibowo, S.E., M.Ak., dan Fina Ratnasari, S.E., M.Ak., selain itu dihadiri pula oleh dosen akuntansi ITB Swadharma, Rita, S.E., M.Ak.., dari UMKM Roti Eyang diwakili oleh pemiliknya, yaitu Bapak Suharso Sulistyo. Kegiatan ini dipandu oleh Ibu Fina Ratnasari, S.E., M.Ak. selaku MC. Sedangkan, pemaparan materi disampaikan oleh Bapak Akhmad Sigit Adiwibowo, S.E., M.Ak.

pengenalan-akuntansi-dasar-umkm_page_2

Materi yang disampaikan mengenai pentingnya laporan keuangan bagi UMKM dan dilanjutkan praktik pembuatan laporan keuangan menggunakan excel. Pak Suharso Sulistyo selaku pihak UMKM Roti Eyang mendengarkan materi yang diberikan dengan antusias. Hal itu tercermin ketika kami memaparkan materi dan interaksi yang terjadi antara kami dengan beliau. Beberapa pertanyaan juga terlontar dari Pak Suharso Sulistyo terkait materi yang diberikan.

pengenalan-akuntansi-dasar-umkm1_page_2

Acara diakhiri dengan penutup kemudian foto bersama para dosen dengan Pak Suharso Sulistyo sebagai pihak UMKM Roti Eyang. Dengan adanya materi mengenai pengenalan akuntansi dasar pada UMKM Roti Eyang guna meningkatkan sustainability, diharapkan dapat membantu   UMKM Roti Eyang pentingnya laporan keuangan dan usaha beliau dapat sustainability.

 

Ed by Admin