PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG DENGAN MENGANGKAT TEMA “PEMBINAAN STOP BULLYING PADA LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KELUARGA”

Penulis: Rizka Amalia (Mahasiswa Akuntansi Unpam)

j5

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah suatu pelaksanaan kegiatan sebagai pengamalan atau pemberian ilmu pengetahuan yang sudah didapatkan oleh mahasiswa semasa kuliah berlangsung kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, terlebih juga berguna untuk mengembangkan kemampuan masyarakat.

Di tengah pandemi covid-19 yang masih melanda dunia, telebih di negara kita sendiri yaitu Indonesia tercatat sejak awal maret 2020 virus ini sudah melanda negeri tercinta. Meskipun begitu, pengabdian kepada masyarakat tetap berlangsung meskipun saat ini pandemi belum juga usai. Dengan semangat yang berapi-apidan empati yang sangat tinggi Mahasiswa Prodi Akuntansi S1 menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat secara tatap muka, tetapi tidak mengabaikan protokol kesehatan 3M, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Dengan mengusung tema “Pembinaan Stop Bullying Pada Lingkungan Sekolah dan Keluarga” di sebuah Lingkungan RT 002 Pondok Kacang Timur. Kec. Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.  Bentuk pelaksanaan PKM yang dilakukan yaitu untuk mengetahui dan memahami tindakan bullying, baik dari segi materi dan juga praktik, hal ini dilakukan karena memiliki tujuan agar menanamkan peduli terhadap masyarakat dan menghormati orang-orang yang ada disekitar untuk tidak melakukan bullying.

 j6

Diharapkan setelah mengikuti Pengabdian Kepada Masyakat ini anak-anak, khususnya siswa siswi Sekolah dasar RT 002 Pondok Kacang Timur ini dapat menanamkan rasa peduli yang tinggi terhadap teman dan menjauhi tindakan bullying.

Pelaksanaan PKM ini dilakukan pada tanggal 27 Maret 2021 oleh mahasiswa Universitas Pamulang yang beranggotakan Melenia Novita Sari, Raihanah Shalihah, Rizka Amalia, Rizka Dwi Firdani, Septi Puspita Wardani, serta satu dosen pembimbing yaitu Desi Jelanti, S.E., M.Ak. Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran seputar Pembinaan Stop Bullying. Pelaksanaan ini bertujuan untuk menanamkan peduli terhadap masyarakat dan menghormati orang-orang yang ada di sekitar untuk tidak melakukan bullying.

Kegiatan penyampaian materi serta praktik sekitar 2 jam, kami juga memberikan beberapa informasi apa saja perbuatan jenis bullying, apa saja dampak bullying bagi korbannya bullying serta tips untuk tidak melakukan bullying. Kegiatan ini juga dibantu penjelasan dari dosen Prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang Desi Jelanti, S.E., M.Ak. yang memberikan kesimpulan untuk belajar peduli terhadap masyarakat sekitar dan menghormati orang – orang. Di akhir kegiatan parasiswa siswi sekolah dasar RT 002 Pondok Kacang Timur senang dan terlihat sangat memahami materi dan praktik yang sudah diberikan semasa kegiatan PKM tersebut berlangsung.

Ed. by Admin