PKM MAHASISWA Pengenalan Bank Syariah Dan Bank Konvensional Kepada Organisasi Karang Taruna Di Wilayah Cilandak Timur

Penulis : Erlina Daning Prasiwi, Nurfaikoh (Mahasiswi Akuntansi Unpam)

p1

Semakin majunya perkembangan teknologi di dunia, transaksi perbankan pun kini mulai mengikuti arus perkembangan zaman. Perbankan dalam kehidupan suatu Negara merupakan salah satu agen pembangunan (agent of development). Hal ini dikarenakan, fungsi utama dari perbankan adalah sebagai lembaga intermedasi keuangan (financial intermediary institution), yaitu lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali ke masyarakat dalam bentuk kredit atau pembiayaan.

Adapun kebijakan perbankan di Indonesia sejak tahun 1992. Yang kemudian diperkuat dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998, tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 menganut sistem perbankan ganda (dual banking system). Dual banking sistem maksudnya adalah terselanggaranya dua sistem perbankan (konvensional dan syariah secara berdampingan) yang pelaksanaannya diatur dalam berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dan melalui Perguruan Tinggi sebagai Intitusi Pendidikan, memiliki peran dan tanggung jawab untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Hal ini diwujudkan melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai wujud Tri Dharma perguruan tinggi. Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang, berupaya memenuhi kewajiban tersebut dengan mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Tema “Pengenalan Bank Syariah dan Bank Konvensional kepada Organisasi Karang Taruna”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (31/03/2021), yang dilaksanakan secara tatap muka (offline), namun tetap mengikuti Protokol Kesehatan yang ketat. Dan kegiatan ini dilaksanakan di Jalan Tb. Simatupang, RT 010 / RW 001, Kelurahan Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Yang dihadiri sebanyak 10 anggota Karang Taruna RT 010 / RW 001, Kelurahan Cilandak Timur, sebagai peserta kegiatan.

Karang taruna sebagaimana tercantum dalam Peraturan Mentri Sosial RI No. 83/HUK/2005 adalah organisasi Sosial wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat. Terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas sederajat dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan Sosial.

Dan dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan pemuda/pemudi karang taruna RT 010 / RW 001, Kelurahan Cilandak Timur, dalam upaya peningkatan mutu dan ilmu pengetahuan tentang dunia Perbankan, khususnya pengetahuan tentang Bank Syariah dan Bank Konvensional.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Yang diawali dengan sambutan ketua karang taruna (Ade Sufarhan) dan sambutan ketua pelaksana PKM (Erlina Daning Prasiwi). Dan dilanjut dengan doa, lalu masuk ke pembahasan Materi.

p2

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini yaitu mengenai Pengertian, Fungsi, Jenis, Sejarah, Produk, Contoh, serta Perbedaan dari Bank Syariah dan Bank Konvensional di Indonesia.  Lalu kegiatan dilanjutkan dengan dengan sesi tanya jawab dan juga sharing seputar perkembangan dunia Perbankan di Indonesia, dan ditutup dengan Doa, Foto Bersama, serta penyerahan Sertifikat kepada karang taruna RT 010 / RW 001, Kelurahan Cilandak Timur.

p3

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang yang beranggotakan Erlina Daning Prasiwi, Dinda Saras Sella, Namira Nur Baity, Nurfaikoh, dan Salva Ramadhani, serta dibimbing oleh Ibu Fil Isnaeni, S.Pd.I., M.Pd.I. selaku dosen Universitas Pamulang.

 

Ed. by Admin