Press Release P(M)kM Universitas Pamulang “Pemasaran Digital Di Era Pandemi Covid-19”

Penulis: Viktaria Halawa (Mahasiswa Akuntansi Universitas Pamulang)

j4

Berawal pada bulan Februari 2020 suatu peristiwa dimana Virus yang dikenal dengan nama Covid-19 muncul di Indonesia. Banyak Masyarakat yang awalnya seperti tak acuh dengan virus tersebut, hingga kian hari virus itu pun mulai menyerang ke setiap penjuru Nusantara.

Kemudian pada bulan Maret 2020 kasus tercatat di Indonesia telah mencapai 1.155 kasus dengan 102 jiwa kematian dan 59 orang sembuh. Barulah mulai pada saat itu kebijakan “Lockdown” diluncurkan mulai dari Kota Tegal tertanggal 30 Maret 2020 yang kemudian disusul oleh Walikota Tasikmalaya pada tanggal 31 Maret 2020.

Banyak orang-orang yang mulai khawatir dengan usahanya karena kebijakan “Lockdown” tersebut. Toko ditutup, karyawan diberhentikan, hingga tak terlihat satu usahapun yang bergerak di tengah kota yang sepi. Ekonomi perlahan mulai menuju kejatuhannya, tidak hanya di Indonesia, bahkan Amerika yang notabenenya merupakan negara adidaya turut ikut terkena dampaknya.

“Makin hari, makin menjadi” virus Covid-19 mulai meledak dan sangat sulit dihentikan. Tercatat hingga akhir tahun 2021 telah terjadi sebanyak 743.198kasus di Indonesia. Masyarakat terbagi menjadi 2 bagian; ada yang merasa acuh, ada pula yang mulai merasa tak acuh. Hingga kejadian seperti ini menimbulkan tangan-tangan kreatif bermunculan. Para pengusaha terpikirkan akan pentingnya pemasaran digital di masa seperti ini. Akibatnya, ekonomi yang tadinya sangat terpuruk mulai melonjak naik walaupun tidak terlalu signifikan. Dari hal itulah kami salah satu bagian dari Mahasiswa Universtias Pamulang merasa bahwa hal ini harus diedukasikan kepada Masyarakat luas.

Akhirnya pada bulan Januari 2021 munculah suatu inisiatif untuk mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul “Pemasaran Digital Di Era Pandemi Covid-19”. Rencana kegiatan, tempat, waktu, hingga jalannya acara mulai disusun secara sistematis. Mulai dari acara dimulai, hingga acara tersebut ditutup. Kebetulan pada saat itu kelompok kami sedang dekat dengan salah satu dosen yang juga merupakan pembina dari suatu yayasan panti asuhan di daerah Depok (masih dekat dengan Pamulang). “Al-Kamilah” namanya.

Dikarenakan jadwal PKM yang sedang padat, maka kegiatan tersebut baru terealisasi pada tanggal 4 April 2021. Sesampainya di lokasi, kami langsung disuguhkan dengan pelataran yang asri, sejuk, dan nyaman. Masyarakat disana pun memang sangat ramah. Kami seperti dibuat manja oleh suasananya. Namun diluar itu, masih ada misi sosial yang tetap harus kami laksanakan.

Pukul 09.00 WIB acara kami mulai (masih dengan protokol kesehatan tentunya). MC membacakan teksnya yang kemudian dilanjut oleh sambutan-sambutan dari pihak Universitas maupun pihak Yayasan. Materi demi materi kami sampaikan kepada kurang lebih 30 peserta yang hadir di kegiatan tersebut. Antusiasme peserta sangat tinggi, sehingga kami sempat merasa kewalahan akibat diserbu berbagai pertanyaan dari jiwa-jiwa yang tinggi akan keingintahuannya.

Tak terasa kami pun sudah berada di penghujung acara. Sedikit kesal, sedikit sedih, banyak senangnya semua kami rasakan bersama. Pukul 12.00 WIB anak-anak harus sudah bersiap untuk menunaikan ibadah sholat Zuhur berjamaah. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang kami selenggarakan diakhiri dengan makan bersama (masih dengan suasana yang menggembirakan). Hati terasa sulit untuk meninggalkan perasaan damai tersebut. Namun ada kewajiban lain yang harus kami laksanakan kembali.

Sekian Press Release dari kami. Semoga kedepannya “Al-Kamilah” menjadi tempat yang semakin disenangi banyak orang. Dan semoga ilmu yang kami tanamkan dapat bermanfaat bagi semua peserta.