Press Realese PKM “Meningkatkan Motivasi dan Pengembangan Diri Terhadap Masyarakat Dalama Menghadapi Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covid 19”

Penulis: Dinda Amallia, Sri Purnama Sari & Vira Lutfiah ( Mahasiswa S1 Akuntansi Unpam)

j1

Kebijakan pemerintah dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini, maka semua kegiatan yang dilakukan di luar rumah harus dihentikan sampai pandemi ini mereda. Salah satu yang sangat mempengaruhi aktivitas adalah dunia pendidikan dimana pelajar dan para pengajar harus melakukan kegiatan belajar mengajar tersebut secara online atau Pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Maret 2021, bertemakan Meningkatkan Motivasi dan Pengembangan Diri Terhadap Masyarakat Dalama Menghadapi Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covid 19 di ruang TK Nurul Fauzan, Pondok Kacang Timur, Kota Tangerang Selatan di hadiri oleh 12 orang yang terdiri dari 4 laki-laki dan 8 perempuan berusia  6-11 tahun. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan arahan serta bimbingan dari Ibu Desi Jelanti, S.E., M.Ak.  selaku dosen pembimbing kami serta kelompok PkM mahasiswa yaitu Dinda Amallia, Desi Nur Riskiyani, Marissa Zalfa Azizah, Sri Purnama Sari dan Vira Lutfiah.

Pelaksanaan kegiatan PkM diawali dengan melakukan tanya jawab terkait hal-hal yang membuat anak-anak merasa jenuh dan cara anak-anak dalam menghilangkan rasa jenuh pada saat belajar secara online. Jawaban yang di berikan oleh anak-anak sangat beragam mulai dari tugas yang diberikan terlalu banyak dan rasa kangen belajar di ruang kelas sekolah. Kami mahasiswa selaku pelaksana juga memberikan saran terkait hal hal apa saja yang bisa dilakukan untuk dapat mengatasi rasa jenuh belajar online dirumah.

j2

Kegiatan berikutnya yaitu mengajak anak -anak untuk melakukan kegiatan kreativitas berupa kreasi manik-manik menjadi Stap Masker dimana anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang diberikan. Kegiatan ini juga dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker.

Kegiatan kreatifitas yang diberikan di bimbing langsung oleh kami mahasiswa atau tim PkM. Kegiatan terakhir yang kami melakukan hiburan berupa lomba yang terdiri dari tebak kata, tebak gaya dan kekompakan  serta pemberian kenang-kenangan kepada anak-anak yang menghadiri kegiatan ini.

Kami harap kegiatan PkM dapat memberikan manfaat khususnya terhadap anak-anak di Lingkungan RT 002 Pondok Kacang Timur, agar dapat mengembangkan jiwa kreativitas dan dapat meningkatkan motivasi belajar online di rumah, serta dalam menggunakan media online sebagai sarana komunikasi jarak jauh dengan tepat dan benar dan untuk menambah referensi materi belajar selama pandemi covid 19.

Ed. by Admin