Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat “Sosialisasi Pengenalan Instrumen Investasi” Kepada Siswa SMA/SLTA Sederajat Yayasan Al-Kamilah

Penulis : Dewi Fitrianti dan Silvia Solina (Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang)

pp1

Di usia dini kita diajarkan untuk menabung. Menabung adalah kegiatan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki, untuk kebutuhan jangka pendek maupun kebutuhan dana darurat di masa yang akan datang. Menabung merupakan hal yang biasa kita dengar dan biasa dilakukan oleh banyak orang. Namun pernahkah kita mendengar kata investasi? Investasi suatu kegiatan menanamkan modal baik langsung maupun tidak, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut. Di era globalisasi ini investasi menjadi hal yang popular dilakukan oleh banyak orang karena mendapatkan keuntungan yang lebih dibandingkan dengan hanya menabung biasa. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan “Pengabdian Kepada Masyarakat” dengan judul “Sosialisasi Pengenalan Instrumen Investasi” kepada siswa SMA/SLTA Sederajat di Yayasan Al Kamilah yang beralamatkan di Jalan. Serua Nomor 3 Serua, Kecamatan Bojong Sari, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang (Dewi Fitrianti, Fauzia Octaviyani, Riska Dewitasari, Silvia Solina, dan Tri Winarni), dan dibimbing langsung oleh Bapak Haryono, S.H., M.M., M.H selaku dosen S1 Akuntansi Universitas Pamulang.

Acara diselenggarakan secara offline pada hari Minggu, 04 April 2021 dari pukul 09.00 s/d 12.00 WIB, diikuti oleh 29 orang santri dan 9 orang pengurus dengan mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi guna menumbuhkan serta meningkatkan pengetahuan adik-adik siswa SMA/SLTA Sederajat Yayasan Al-Kamilah mengenai investasi.

pp2

Pembukaan acara dibawakan oleh Silvia Solina sebagai MC, dilanjutkan sambutan oleh Bapak Ustadz Iyus Rusliandi selaku kepala panti dan dilanjutkan sambutan kedua oleh Bapak Haryono, S.H., M.M., M.H selaku dosen pembimbing dalam pengabdian ini.

Penyampaian materi dibawakan oleh Dewi Fitrianti mengenai pengertian investasi, manfaat investasi, dan jenis-jenisa instrument investasi serta memberikan saran kepada para santri Yayasan Al Kamilah, mengenai instrumen investasi yang dapat diimplementasikan dengan resiko yang rendah.

Kegiatan dilanjutkan dengan persembahan karya puisi oleh sala satu perwakilan santri Yayasan Al Kamilah, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh MC dan dijawab kembali oleh Dewi Fitrianti.

pp3

Setelah itu kelompok penulis mengadakan doorprize, dimana pemateri memberikan pertanyaan untuk dijawab oleh santri Yayasan Al Kamilah. Acara doorprize ini begitu meriah karena keantusiasan santri Yayasan Al Kamilah untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Kegiatan akhir dilakukan dengan pembacaan doa penutup, pembagian makan siang dan foto sesi bersama dengan santri Yayasan Al Kamilah.

 

Ed. by Admin