Press Release PKM Mahasiswa “Pembelajaran dan Pelatihan Membuat Poster di Aplikasi canva”

Penulis: Bella Fania (Mahasiswa Akuntansi Unpam)

b11

Pada era digital seperti sekarang ini, kemajuan teknologi merupakan suatu hal yang berperan dan berpengaruh besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Penggunaan teknologi dapat membantu menyelesaikan permasalahan, pembelajaran dan pekerjaan manusia. Dengan adanya teknologi dapat membantu meningkatkan kreatiftas siswa/I serta masyarakat secara umum.

Dengan demikian semakin berkembangnya teknologicanva hadir sebagai aplikasi desain grafis yang memudahkan penggunanya untuk berkreasi. Mulai dari membuat logo, thumbnail youtube, poster, presentasi, daftar Riwayat hidup, dan lain sebagainya.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, para pelajar menerapkan himbauan dari pemerintah untuk sekolah online di rumah, karena pada kondisi seperti sekarang sedang maraknya virus Covid-19 sehingga diperlukannya sosial distancing. Maka dari itu kami selaku mahasiswa Universitas Pamulang bertujuan melaksanakan PKM.

b12

Rangkaian kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan tema “Pembelajaran dan Pelatihan Membuat Poster di Aplikasi Canva” telah dilaksanakan pada tanggal 22 maret 2021. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB di ruang kelas SMP IPTEK TANGERANG SELATAN yang dihadiri oleh 16 orang siswa/I. Rangkaian pada acara ini yaitu pembukaan oleh Jauharah selaku MC, acara selanjutnya adalah pembacaan doa, lalu sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama langsung dibawakan oleh Ibu Sri Wahyuni, MM., M.Pd selaku kepala sekolah SMP IPTEK TANGERANG SELATAN, sambutan yang kedua dibawakan oleh Ibu Fitri Sagantha, S.E.Sy., M.E selaku dosen pembimbing PKM kelompok kami, dan yang terakhir sambutan dari Amalia Sholiha selaku ketua PKM kelompok kami. Kemudian acara selanjutnya yaitu pemberian materi mengenai poster dan canva oleh Rika Amelia, Widiya Febrianti dan Bella Fania Prabawardani. Lalu dilanjutkan dengan pembuatan kelompok untuk pelatihan membuat poster diaplikasi canva oleh Bella Fania Prabawardani. Untuk mempraktikannya siswa/I dibagi menjadi 2 kelompok putri dan 2 kelompok putra.

b13

Kegiatan ini disambut dengan baik dan antusias oleh para siswa/I karena pembuatan poster merupakan salah satu bagian dari materi mata pelajaran seni budaya sekolah menengah pertama. Dan dalam pelatihannya dilakukan secara langsung dengan diarahkan dan didampingi oleh kami selaku anggota PKM.

Kegiatan pelatihan ini pun kami batasi hanya untuk beberapa peserta saja yang mayoritas anak smp IPTEK Tangsel, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan kami menghimbau agar tetap selalu memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan berjaga jarak serta menjaga kebersihan.

Dengan adanya PKM ini kami memberikan pelatihan dalam pembuatan poster secara digital guna menambah ilmu. Tujuanya untuk membantu merealisasikan mata pelajaran Seni Budaya membuat poster. Pembuatan poster secara digital sangat membantu untuk mempermudah siswa/I dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Ed by Admin