PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN GAME PADA LEMBAGA LUAR SEKOLAH DI YAYASAN AL-KAMILAH

Penulis: Juitania, S.Pd., M.Pd

whatsapp-image-2021-04-02-at-10-13-54

Pendidikan formal dapat diwujudkan dalam bentuk sekolah-sekolah formal bagi anak- anak. Sedangkan pendidikan informal dapat diwujudkan dalam bentuk pemberian materi tambahan pada materi-materi pelajaran yang diajarkan di sekolah yang dilakukan di luar jam pelajaran sekolah. Pendidikan informal juga dapat diberikan dalam bentuk kursus – kursus dan pelatihan – pelatihan gratis yang akan menambah keahlian dan kompetensi peserta didik. Akibat tidak adanya materi pelajaran umum yang mengacu pada kurikulum Departemen Pendidikan Nasional dan materi tambahan dari pelajaran-pelajaran tersebut, anak usia sekolah di yayasan akan kesulitan untuk melakukan pengembangan diri. Dampak jangka panjang yang mungkin terjadi adalah anak-anak tersebut tidak mampu besaing di dunia kerja dan tidak dapat melakukan mobilitas vertikal untuk memperbaiki dan meningkat taraf hidup mereka di masa datang.

Pemecahan masalah yang dapat ditawarkan adalah memberikan hak pendidikan dasar lainnya pada anak usia sekolah di Yayasan Al-Kamilah sebagaimana kurikulum pendidikan dasar yang diberikan di sekolah-sekolah formal, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Para Dosen Prodi Sarjana Akuntansi mengabdikan dirinya untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan memfokuskan pemberian pengajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika Dasar yang mengasyikkan  melalui games atau permainan; games atau permainan yang diterapkan pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah dengan Games Digital; Anak-Anak Asuh Yayasan Al-Kamilah diberikan materi terlebih dahulu yang berkaitan dan selaras dengan materi yang sedang dipelajari pada sekolah formal; kemudian mengerjalan latihan latihan soal dengan menggunakan Games yang dikerjakan melalui alat bantu gadget; handphone dan tab. Para Anak Asuh atau Perserta Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri dari berbagai jenjang Pendidikan SD, SMP dan SMA sangat menyukai dan menjadi lebih antusias menerima dan dengan mudah mengerjakan latihan Bahasa Inggris dan Matematika, mereka dapat secara visual melihat berbagai macam warna dan bentuk dari materi yang disajikan secara digital dan menarik, hal tersebutlah yang membuat tingkat pemahaman dan juga kemauan belajar menjadi meningkat.

Materi kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris diampu oleh Juitania, Adam Sugiarto dan Fitriyah sedangkan mata pelajaran matematika diampu oleh Eko Sasongko Priyadi dan Eny Suryani. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berlangsung selama kurang lebih 4 bulan; dimulai dari bulan Desember 2020 sampai dengan bulan Maret Minggu ke 1 2021, dengan menerapkan protokol Kesehatan.  Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan agar peserta mendapatkan hasil yang optimal dan mendapatkan wawasan baru tentang Bahasa Inggris dan Matematika.

Ed.by J