PENGABDIAN KEPADA MASYRAKAT (PKM) OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG DENGAN TEMA “MEMBANGUN KREATIVITAS ANAK DI MASA PANDEMI PADA SDIT ELYAQIEN”

Penulis : Yulis Yustika (Mahasiswa Akuntansi Unpam)

y3

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memberikan dampak pada penurunan efektifitas  pembelajaran kepada para siswa siswi saat ini, Pendidikan  menjadi salah satu lembaga yang terkena imbasnya. Kondisi yang tidak menentu pada saat ini membuat tingkat konsentrasi dan kreativitas pada anak menurun. Situasi yang seperti sekarang membuat para akademisi khususnya para Mahasiwa/i Prodi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang peduli dengan situasi yang dihadapi oleh para lembaga pendidikan,untuk melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan memberikan materi dan pelatihan dalam mengolah limbah kertas menjadi suatu karya yang bermanfaat untuk membantu para peserta didik mengembalikan semangat belajar, dan tentunya meningkatkan kreativitas pada anak. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berlangsung pada tanggal 27,  Maret 2021.

Terhitung kurang lebih 1 bulan dalam pelaksanaan kegiatan PMKM Prodi Akunstansi S1 2021 di SDIT ELYAQIEN di bawah naungan Yayasan QOMAR AL-DIEN yang beralamat di Kampung Babakan Kulon, RT 002 RW 001, Desa Babakan, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penyelesaian. Dimulai dari rapat para panitia sebelum hari H dan pelaksanaan selama 1 hari di SDIT ELYAQIEN. Sebelum pelaksanaan, panitia telah menyiapkan beberapa hal seperti merancang materi, merancang rundown, menyiapkan alat bahan dan souvenir, dan beberapa teknis yang akan berjalan selama hari H berlangsung.

y4

Hari pertama sekaligus hari terakhir dilaksanakan pada Sabtu, tanggal 27, Maret 2021. Pembukaan registrasi peserta dari pukul 08.30 – 08.50 WIB. Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB. Seluruh panitia telah menyiapkan absensi, perlengkapan protocol kesehatan seperti masker dan handsinitizer, peralatan tulis, alat dan bahan untuk pembuatan prakarya, dan snack untuk para peserta yang berdatangan, lalu dimulai dengan pembukaan, pembacaan susunan acara, sambutan dari ketua pelaksana kegiatan PMKM, Ketua Yayasan (Didin Komarudin S.Pd.i,.M.M), Kepala Sekolah SDIT ELYAQIEN (Aenul Yakin S.Pd) dan Dosen pembimbing (Neneng Hasanah S.E.,M.Ak). Selanjutnya pemateri disampaikan oleh saudara Maryadi selaku panitia dalam pelaksanaan PKM tersebut, dengan memaparkan materi mengenai cara melakukan hidup bersih di masa pandemi Covid-19 dan materi tentang bagaimana cara agar kreativitas pada anak dapat lebih berkembang. Materi berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 10.15 WIB dan peserta diberi waktu istirahat hingga pukul 10.20 WIB. Dilanjutkan kembali dengan membuat satu prakarya dengan tujuan untuk membangun kreativitas pada anak hingga pukul 11.00 WIB. Dilanjutkan dengan memasukan sesi game yang bisa mengasah ide kreatif pada anak hingga pukul 11.20 WIB. Selanjutnya pembagian seritifikat, souvenir, hadiah dll hingga pukul 11.30 WIB. Dan diakhir kegiatan ditutup dengan pembacaan doa,  foto bersama dengan seluruh pengisi acara kegiatan pelaksanaan PMKM tersebut.

Ed. by J