Pembinaan Tahsin, Kajian/Dialog Ekonomi Syariah, Khotmul Qur’an, Lomba MTQ, dan Perayaan Hari Besar Agama Islam

Penulis : Muhamad Ma’shum (Mahasiswa S1 Akuntansi)

Seiring dengan perkembangan yang pesat di bidang IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), maka Perguruan Tinggi sebagai wadah atau lembaga yang mencetak para intelektual calon pemimpin bangsa disamping berkewajiban meningkatkan kualitas lulusan juga dituntut untuk membekali para lulusannya dengan IMTAQ (Iman dan Taqwa) dalam upaya mempercepat terwujudnya masyarakat intelektual yang madani. Sebagai implementasi dari upaya tersebut, sudah pada saatnya Universitas atau Perguruan Tinggi menetapkan dan mengembangkan program unggulan yang telah dimiliki dengan mengedepankan kecintaan terhadap nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an. Salah satu bentuk kegiatan untuk mengembangkan kecintaan terhadap nilai-nilai luhur Al-Qur’an adalah dengan melaksanakan kegiatan Pembinaan Tahsin Al Qur’an Akhir Semester yang dilaksanakan pada hari Minggu, 07 Februari 2021 pukul 10.00 – 12.00 melalui media online zoom oleh Program Studi Sarjana Akuntansi.

13

Kegiatan pembinaan tahsin ini sudah berjalan sejak bulan Juli 2020 Semester Ganjil, yang diawali dengan dilaksanakannya kegiatan Khotmul Qur’an pada bulan Ramadhan tahun 2020 hingga kegiatan pembinaan secara berkala setiap pekan melalui online. Acara ini sangat didukung oleh Ketua Program Studi Sarjana Akuntansi Ibu Effriyanti, S.E., Akt., M.Si., CA dan Ketua Yayasan Sasmita Jaya Bapak Dr. (HC).H. Darsono, beliau pernah menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi bagi mahasiswa yang memiliki potensi di bidang tilawah seperti mahasiswa yang sudah memiliki hafalan Al Qur’an dan memiliki prestasi dalam perlombaan MTQ. Tema dalam kegiatan pembinaan ini adalah “ Mulia dengan Al Qur’an Menuju Generasi Berakhlakul Karimah” sebagai salah satu tujuannya adalah untuk mewujudkan Visi Misi Universitas Pamulang Humanis dan Religius dan menumbuhkan karakter mahasiswa berakhlakul karimah.

14

Pada sesi penyampaian materi oleh Ibu Suciati Muanifah, S.E., M.M. selaku Koordinator Tilawah, selain memberikan beberapa kata sambutan terkait rencana kegiatan pembinaan untuk Semester Genap antara lain : Pembinaan Tahsin, Kajian/Dialog Ekonomi Syariah, Khotmul Qur’an, Lomba MTQ, dan Perayaan Hari Besar Agama Islam, juga menyampaikan materi terkait Pembinaan Tahsin Al Qur’an yaitu penerapan tajwid dan makhorijul huruf dalam memperbaiki bacaan Al Qur’an. Pada acara ini terlihat sangat antusias peserta yang hadir dengan mengajukan pertanyaan yang sebagian terjawab oleh narasumber dan dibantu oleh salah satu mahasiswa yaitu Muhamad Ma’shum, selebihnya tidak sempat terjawab dikarenakan waktu yang terbatas. insyaAllah pertanyaan selanjutnya akan dijawab melalui whatsapp group yang pesertanya kurang lebih 102 orang. Harapannya kegiatan positif seperti ini dapat berjalan dengan lancar, istiqomah dan mendapatkan dukungan terus dari berbagai pihak khususnya civitas Universitas Pamulang. Sehingga dapat mewujudkan Visi dan Misi Universitas Pamulang Humanis dan Religius.

Ed by J