Pelatiahan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Serta Mendukung Inklusi Kesadaran Akan Perpajakan

Penulis: Salmawanti (Mahasiswi S1 Akuntansi Unpam)

Sabtu, 13 Februari 2021, Tax Center Universitas Pamulang bekerja sama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Banten untuk menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Relawan Pajak. Kegiatan rutin tahunan ini dinamakan Program Relawan Pajak 2021. Kegiatan tahunan tersebut merupakan upaya pelatiahan dan peningkatan kualitas pelayanan serta mendukung inklusi kesadaran akan perpajakan. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa Universitas Pamulang yang memiliki kompetensi di bidang perpajakan dan telah terseleksi baik secara tertulis maupun wawancara.

Sebanyak  29 peserta yang lolos seleksi dan nantinya sebelum terjun ke lapangan sebagai Relawan Pajak, para peserta wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan Relawan Pajak agar pada saat proses pelaksanaan pendampingan pengisian SPT  dapat berjalan dengan baik. Target Relawan Pajak yang ditujukan pada mahasiswa perguruan tinggi dikhususkan untuk memberikan asistensi e-filing SPT Tahunan WP OP 1770S dan 1770 SS, serta 1770  bagi wajib Pajak pribadi .

relawan-pajak

Kegiatan Pelatihan Relawan Pajak ini dilakukan secara online melalui zoom meeting mulai pukul 09:00 – 16.00. Kegiatan ini dilaksanakan untuk pelatihan teknis bagi Relawan Pajak Universitas Pamulang. Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Bpk Dr. H. Endang Ruhiyat S.E.,M.M.,CSRA.,CMA, dan juga dihadiri Ketua Progam Studi S1 Akuntansi, Ibu Effriyanti, S.E., Akt.,M.Si., CA. Ketua Tax Center Universitas Pamulang Ibu Wahyu Nurul Hidayati, S.E.,Ak.,M.Ak. Pelatihan Relawan Pajak hari ini dihadiri dari Kantor Wilayah DJP Banten  yaitu Bpk. Drs.Sahat Dane Situmorang, Ak., M.M.,M.Com selaku Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Banten dan juga didampingi oleh Bapak Gatut Nugroho serta  Ibu Ida.

Pelatihan Relawan Pajak tahun 2021 diisi oleh Ketua Tax Center Ibu Wahyu Nurul Hidayati, S.E.,Ak.,M.Ak sebagai pemateri 1. Beliau menyampaikan seputar kesadaran pajak dan tentang kepemimpinan dasar. Selanjutnya Kak Zakaria Ananda Syahputra adalah Relawan Pajak tahun 2018 sebagai pemateri 2 membahas tentang teknis dan penjelasan SPT Tahunan, mekanisme pengisiian e-filling 1770SS dan 1770S. selain penyampaian materi seputar SPT Tahunan, kak Zakaria juga membagikan pengalaman saat menjadi Relawan Pajak. Selain kak zakaria ada 2 orang Relawan Pajak tahun 2020 yang menjadi pemateri sesi terakhir, yaitu kak Safitri Anggareni selaku Ketua Relawan Tax Center periode 2019-2020 dan kak Shinta Dewi Nurfitri.

Pelatihan dibagi 2 sesi yaitu sesi 1 dan sesi 2. Untuk sesi satu diisi oleh Ibu Wahyu Nurul Hidayati, S.E.,Ak.,M.Ak Dan Kak Zakaria Ananda Syahputra. Sedangkan  sesi 2 diisi oleh Kak Safitri Anggareni dan Kak Shinta Dewi Nurfitri.

Pelatihan teknis  ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilah terkait perpajakan dalam pengisian SPT. Peserta yang mengikuti pelatihan ini merupakan mahasiswa yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa Tax Center dan Relawan Pajak Universitas Pamulang angkatan ketiga. Peserta ini akan menjadi Relawan Pajak yang diterjunkan ke masyarakat di KPP Tigaraksa Banten untuk mendampingi dan membantu wajib pajak dalam melakukan pengisian SPT. Kegiatan pelatihan ini merupakan tahun ketiga yang dilaksanakan, sebagai bukti pelaksanaan kegiatan  setelah dilakukannya MoU antara Universitas Pamulang dengan pihak Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Banten .

Jadi, dengan melibatkan Relawan Pajak dari perguruan tinggi harapannya dapat membantu meningkatkan kepatuhan wajib pajak . Kegiatan ini merupakan langkah awal dari Relawan Pajak dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat. Dengan diadakan pelatihan Relawan Pajak ini juga diharapkan para relawan dari kalangan mahasiswa akan lebih menguasai materi tentang perpajakan seperti pengisian SPT Tahunan, pengisian 1770SS, pengisian 1770S, FAQ, serta mampu mengatasi masalah dilapangan nantinya. Diman  Relawan Pajak nantinya akan melakukan asistensi pengisian SPT Tahunan 1770S dan 1770SS melalui e-filling.

Ed by J