Kelas Tax Center (KTC) dalam “PPh Pasal 23”

Penulis: Safitri Anggraeni Mahasiswa Universita Pamulang.

ktc

Pajak merupakan penerimaan yang paling potensial bagi keberlangsungan pembangunan Negara Indonesia karena pajak meningkat seiring dengan meningkatnya kualitas dan taraf hidup masyarakat Indonesia. Pajak menciptakan kemandirian bangsa tanpa harus menggantungkan harapan kepada negara lain seperti investasi, pinjaman atau bantuan luar negeri.

Pajak penghasilan merupakan pajak yang dikenakan terhadap subjek pajak atas penghasilan yang diterima atau diperoleh wajib pajak dalam suatu tahun pajak. Salah satu pajak penghasilan tersebut adalah PPh Pasal 23. Pajak Penghasilan Pasal 23 (PPh Pasal 23) adalah pajak yang dikenakan pada penghasilan atas modal, penyerahan jasa, atau hadiah dan penghargaan, selain yang telah dipotong PPh Pasal 21.

Pada dasarnya pemotongan PPh Pasal 23 sering terjadi kesalahan dalam proses perhitungan yang dapat mengakibatkan kekurangan atas jumlah pajak yang seharusnya disetor ke negera. Kekurangan tersebut mengakibatkan kerugian baik bagi wajib pajak dikarenakan adanya sanksi dari kantor pajak maupun bagi negara karena berkurangnya peneriman dari sektor pajak.

Dikarenakan sering terjadi kesalahan tersebut, diperlukannya edukasi sejak dini agar kesalahan bisa diminimalisir. Maka dengan ini, kami dari ormawa Tax Center Universitas Pamulang mengadakan kegiatan Kelas Tax Center (KTC) secara rutin yang bertujuan untuk membantu para mahasiswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam pembelajaran mengenai PPh Pasal 23 agar meningkatkan pemahamannya. Kegiatan ini KTC yang diadakan pada hari Jum’at tanggal 5 Februari 2021 bertemakan “PPh Pasal 23” dengan narasumber yaitu Bapak Alexande Raphael, S.Sos., M.Akt., BKP., beliau merupakan dosen tetap Universitas Pamulang sekaligus Managing Partner Kantor Konsultan Pajak Raphael Dan Partner.

ktc1

Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud yang dihadiri oleh 80 peserta yang terdiri dari sebagian besar mahasiswa Universitas Pamulang dan Alumni serta satu peserta dari KAP Herlianto & Rekan, sekaligus relawan tax center baik angkatan pertama maupun kedua turut meramaikan kegiatan ini. Kegiatan ini berlangsung selama tiga jam yang dibuka dengan sambutan oleh Nisrina Jaesa selaku ketua relawan tax center periode 2021 yang dilanjutkan sambutan oleh Ibu Wahyu Nurul Hidayati, S.E., Ak., M.Ak.selaku ketua tax center. Kemudian sambutan kunci yang diberikan oleh Ibu Effriyanti, S.E., Akt., M.Si., CA selaku ketua program studi sarjana akuntansi Universitas Pamulang.

ktc2

Dengan diadakan kegiatan rutinan ini dan tema yang dihadirkan beragam, kami dari Tax Center Universitas Pamulang berharap semakin banyak lagi mahasiswa serta masyarakat yang sadar akan pentingnya pajak.seperti pada kegiatan kali ini, semoga dapat meningkatkan pemahaman mengenai Pajak Penghasilan Pasal 23 atau lebih dikenal dengan PPh 23 baik dari segi materi, perhitungan maupun penerapan nyatanya.

Ed by J