Press Release Kegiatan Webinar dengan tema “Peningkatan kualitas Dosen Pada Masa Tantangan New Normal Economi 2.0 ”

Penulis : Suciati Muanifah, S.E., M.M.

whatsapp-image-2021-01-29-at-07-00-15

Pandemi sudah hampir satu tahun lebih melanda dunia yang membuat aktivitas pendidikan beralih menjadi kegiatan online via zoom. Termasuk acara webinar yang dilakukan Program Studi Sarjana Akuntansi terkait Mekanisme Pengurusan Jabatan Akademik Dosen. Jabatan Akademik Dosen adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seseorang Dosen dalam suatu satuan pendidikan tinggi yang dalam pelaksanaannya didasarkan pada keahlian tertentu serta bersifat mandiri. Unsur kegiatan yang dinilai untuk menentukan angka kredit terdiri atas unsur utama dan unsur penunjang. Unsur utama terdiri dari kegiatan Pendidikan, melaksanakan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat, Unsur Penunjang; terdiri dari Unsur kegiatan terdiri dari kegiatan-kegiatan yang mendukung pelaksanaan tugas pokok dosen. Guna meningkatkan kualitas Dosen baik dari jabatan fungsional (SDM) dan peningkatan penelitian Dosen.

11

Webinar dengan tema “Peningkatan kualitas Dosen Pada Masa Tantangan New Normal Economi 2.0 ” dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Januari 2021, pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 yang dihadiri oleh kurang lebih 190 dosen aktif PRODI Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang. Pada sesi sambutan sekaligus membuka acara oleh Ibu Effriyanti, S.E., Akt., M.Si., CA menyampaikan terkait pentingnya acara webinar ini merupakan salah satu kegiatan bidang SDM oleh program studi akuntansi S1 Universitas Pamulang. Webinar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dosen dalam pengurusan Jabatan Akademik Dosen bukan hanya Asisten Ahli akan tetapi mengupgrade ke jabatan Lektor dan Lektor Kepala dan meningkatkan Sitasi penelitian dosen untuk menjunjung kejujuran akademik/intelektual dan menghindari plagiarisme.

12

Kegiatan webinar ini menghadirkan beberapa narasumber yang memaparkan sesuai bidangnya masing-masing. Narasumber pertama yaitu Bapak Dr. H. Endang Ruhiyat, S.E., M.M., CSRA., CMA menyampaikan materi terkait tugas dan tanggung jawab dosen dan pengembangan karier dosen. Adapun narasumber kedua Ibu Zulfa Rosharlianti, S.E., M.Ak selaku koordinator JAD dan narasumber ketiga dari koordinator Penelitian ibu Shinta Ningtias Nazar, S.E., M.ACC., AKT., CA. Pada sesi akhir pemaparan materi dari koordinator penelitian juga menyampaikan pengumuman dosen terbaik yang mendapatkan apresiasi dari ketua PRODI Sarjana Akuntansi sebagai bentuk terima kasih dan support kepada para dosen terpilih atas kerja keras dan tanggung jawabnya dalam melaksanakan tugas sebagai dosen. Selaku ketua panitia Ibu Indawati, S.E., M.M. juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi peserta yang sangat antusias mengikuti jalannya acara webinar dari awal hingga selesai. Harapannya acara webinar ini dapat terus memberikan manfaat ilmu dan menumbuhkan semangat yang tinggi untuk para dosen agar meningkatkan kualitas dosen dalam pengurusan Jabatan Fungsional Dosen tidak berhenti hanya Asisten Ahli saja bahkan ke tingkat Lektor hingga Lektor Kepala.

Ed by J