PENGABDIAN MAHASISWA KEPADA MASYARAKAT “MEMBANGUN MINAT SISWA/I AKUNTANSI DALAM MENENTUKAN KARIRNYA SEBAGAI AUDITOR”

Penulis : Shindy Mawarni Lestari (Mahasiswa)

whatsapp-image-2021-01-16-at-20-47-19

Karir merupakan pilihan kehidupan setiap individu dalam mempertimbangkan segala potensi, minat/bakat, kecerdasan maupun harapan yang akan dicapai. Ada berbagai macam pilihan profesi dalam bidang akuntansi, salah satunya adalah auditor yang merupakan profesi akuntansi yang paling diminati oleh para mahasiswa akuntansi. Pilihan karir sebagai auditor dimulai dengan mencari informasi dan mempertimbangkan sebagai karir alternatif yang ada pada saat menempuh perkuliahan. Mahasiswa merupakan simbol tertinggi bagi penuntut ilmu yang hendaknya menjadi stimulan penyemangat untuk dapat memberikan ilmu kepada masyarakat melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai wujud Tri Dharma perguruan Tinggi. Sebagai upaya merealisasikan Tri Dharma tersebut, mahasiswa-mahasiswi Program Studi S 1 Akuntansi pada hari Minggu, 17 Januari 2021, Pukul 09.00 – 11.00 telah melaksanakan kegiatan PKM dengan mengusung tema “Membangun Minat Siswa/I Akuntansi Dalam Menentukan Karirnya Sebagai Auditor” secara daring melalui Zoom Cloud dengan jumlah peserta sebanyak 37 orang, diantaranya siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan dan mahasiswa-mahasiswi Universitas Pamulang dengan tujuan memberikan pengetahuan dan gambaran mengenai karir auditor.

Acara ini berlangsung selama dua jam yang diawali dengan pembukaan oleh Rohani sebagai MC, dan dilanjutkan sambutan oleh Mohamad Agus selaku Ketua Pelaksana PKM, kemudian sambutan berikutnya diberikan oleh Ibu Suciati Muanifah, S.E., M.M. selaku Dosen Pembimbing PKM, dan sambutan selanjutnya oleh Ibu Juitania S.Pd., M.Pd. selaku Koordinator PKM Mahasiswa Pogram Studi S 1 Akuntansi Universitas Pamulang.

Sebelum Pemaparan materi, moderator yang memandu jalannya acara yaitu Anrostuti memperkenalkan para narasumber kegiatan PKM diantaranya Renaldi Arifin dan Nisrina Jaesa. Materi yang disampaikan berkenaan seputar karir auditor yang sangat bermanfaat bagi para peserta khususnya mahasiswa yang sedang menentukan pemilihan konsentrasi akuntansi sehingga mendapatkan gambaran secara detail mengenai auditor. Pada sesi tanya jawab terlihat antusias yang luar biasa dari para peserta dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diberikan kepada narasumber. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian doorprize kepada enam penanya terbaik. Dengan dilaksanakannya kegiatan PKM ini diharapkan mampu memberikan manfaat untuk para peserta atas materi yang telah di sampaikan.

uc1

Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini diadakan oleh Mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang yang beranggotakan 6 orang mahasiswa, antara lain Anrostuti, Mohamad Agus, Nisrina Jaesa, Renaldi Arifin, Rohani, dan Shindy Mawarni Lestari. Dari kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PKM) ini diharapkan dapat memberikan manfaat ilmu dan terjalin kerjasama yang baik guna menumbuhkan simbiosis mutualisme antara pihak akademisi dengan masyarakat terutama siswa-siswi SMK dan masyarakat pada umumnya.

Ed by J