Pengabdian Kepada Masyarakat – Strategi Pemasaran melalui Marketplace dalam Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM yang terdaftar di Rumah Pemberdayaan Masyarakat

Penulis: Shinta Ningtiyas Nazar S.E., M.Acc., Akt., CA. 

Dalam rangka mewujudkan Tri  Dharma Perguruan Tinggi, maka Dosen Tetap Universitas Pamulang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat secara daring dengan judul “Strategi  Pemasaran melalui Marketplace dalam Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM yang terdaftar di Rumah Pemberdayaan Masyarakat” Senin (23/12/2020).

si1

Ibu Rosita Wulandari, S.E., M.M selaku ketua pelaksana PKM menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memperkenalkan dan memberikan akses kepada para pengusaha UMKM dengan marketplace, yang dapat dijadikan sebagai salah satu cara didalam peningkatan strategi pemasaran pada masa pandemi COVID-19.

Kegiatan ini diisi oleh 2 orang narasumber Bapak Ali Mubarok, S.E., M.M selaku pakar strategi  manajemen pemasaran pada sesi-1 membahas jenis jenis strategi pemasaran apa saja yang dapat dilakukan melalui marketplace sebagai salah satu solusi meningkatkan penjualan di masa pandemi COVID-19, Bapak Ali Mubarok, S.E., M.M juga menekankan pentingnya positioning produk pada saat ini untuk menentukan strategi pemasaran usaha yang akan dilakukan. Pada sesi -2 diisi oleh Bapak Rizki Aditya Nugroho, S.E., M.M selaku praktisi pada marketplace, beliau menekankan kepada jenis-jenis marketplace yang ada dan tips serta trik apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih marketplace yang sesuai dengan jenis usaha kita.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini disambut antusias oleh salah satu UMKM “makhay pisan” dengan kondisi covid-19 saat ini masih mencoba berbagai alternatif penjualan agar bisa meningkatkan omset seperti sebelum pandemi, dihadiri oleh mahasiswa dan mahasiswi Universitas pamulang. PKM ini dilakukan pada masa pandemi COVID-19 diharapkan dapat menjadi solusi alternatif dalam kegiatan pengembangan usaha UMKM di Indonesia. Kegiatan PKM sejatinya adalah dapat meningkatkan kualitas dosen pada universitas dan memberikan informasi baru yang positif kepada masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat lebih baik sesuai dengan keilmuan yang disampaikan.

Ed. by J