PKM MAHASISWA PRODI SARJANA AKUNTANSI “SOSIALISASI DAN EDUKASI PENCEGAHAN COVID-19 SEBELUM MEMASUKI PEMBELAJARAN TATAP MUKA”

Penulis: Juitania

Covid-19 merupakan penyakit akibat virus corona jenis baru yang muncul pada akhir 2019 pertama kali di Wuhan, Cina yang saat ini menyebabkan pandemi hampir di seluruh dunia. Gejala utama penyakir Covid-19 yaitu batuk, demam, dan sesak napas (Kemkes, 2020). Infeksi Covid-19 juga menyebabkan kematian yang cukup tinggi di berbagai Negara.

Pandemi Covid-19 yang sedang mewabah dunia saat ini melumpuhkan semua sektor termasuk dunia pendidikan, dimana anak-anak harus melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dirumahnya masing-masing melalui internet. Hal itu membuat timbulnya masalah baru  dimana beberapa daerah belum terjangkau oleh fasilitas internet.

Pembelajaran daring yang belum dipersiapkan secara matang ini tentu berdampak terhadap metode pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik. Demikian pula penerimaan atas pembelajaran dari para peserta didik pun sangat beragam, seringkali tidak memahami materi maupun penyampaian dari guru.

Menteri pendidikan dan kebudayan Nadiem Makarim bersama 3 menteri lainnya yaitu Menteri Agama, Menteri Kesehatan, juga Menteri Dalam Negri membuat kesepakatan diizinkannya penerapan sekolah tatap muka mulai Januari 2021 mendatang.

Perguruan Tinggi sebagai Institusi yang memiliki tanggung jawab untuk dapat memberikan ilmu kepada masyarakat sudah seharusnya melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi. Program Studi Sarjana Akuntansi berupaya memenuhi kewajiban tersebut dengan mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan  Covid-19 Sebelum Memasuki Pembelajar Tatap Muka di Desa Cipayung”.

Bertujuan untuk:

  • Mengedukasi siswa Sekolah Dasar
  • Memperluas wawasan anak-anak terkait pencegahan Covid-19
  • Memberi pengarahan hal apa saja yang harus dilakukan ketika masuk sekolah tatap muka

 

13

 

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 15 Desember 2020 secara tatap muka di Daerah Kampung Cipayung yang dihadiri oleh 6 peserta. Acara ini berlangsung selama 90 Menit yang dibuka oleh Nabila Rifda Alifah selaku MC. Pemaparan materi dilakukan oleh semua anggota kelompok.

13-1

Materi yang disampaikan pada kegiatan PKM ini yaitu tentang edukasi pencegahan Covid-19, mempelajari cara mencuci tangan yang baik dan benar, dan mempelajari cara menghadapi pandemi saat masuk sekolah. Kami juga menjelaskan pengertian Covid-19, tanda dan gejala Covid-19, dan cara penularan Covid-19.

Pengabdian Kepada Masyarakat diadakan oleh Mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang yang dibimbing oleh Dosen Akuntansi S1 ibu Nur Asmilia dan terdiri dari 5 orang mahasiswa yaitu Defiyanti Marlina, Marjuki, Nabila Camylia Sandhy, Nabila Rifda Alifah dan Zalza Nadha Maryam.

 

Ed.by J