PKM MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI “SOSIALISASI 3M DALAM PENCEGAHAN COVID-19 PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA CINANGKA”

Penulis: Athaya Kamila Herdyanti (Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang)

m1

Covid-19 merupakan penyakit pernapasan akut yang disebabkan oleh virus corona jenis baru. Virus ini pertama kali muncul di Wuhan, Cina kemudian menyebar hampir di seluruh negara sehingga menyebabkan pandemi global. Penyakit ini dapat menyerang anak – anak, dewasa maupun lansia. Gejala dari penyakit Covid-19 ini adalah batuk, demam dan sesak napas.

Anak – anak perlu mendapatkan edukasi yang mudah dipahami mengenai Covid-19 serta cara – cara pencegahaannya. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan menerapkan perilaku disiplin 3M. Perilaku  disiplin 3M ini merupakan bagian dalam kampanye #ingatpesanibu demi terus menekan penyebaran virus Covid-19 dan harus diterapkan dalam kehidupan sehari – hari untuk menghadapi pandemi saat ini.

Penerapan 3M dilakukan dengan menjalankan 3 (tiga) perilaku disiplin yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak atau menghindari kerumunan. Berdasarkan penelitian internasional, memakai masker kain dapat menurunkan risiko penularan Covid-19 sebesar 45 persen. Lebih baik lagi jika mengenakan masker bedah yang mampu menekan penyebaran virus Covid-19 hingga 70 persen. Mencuci tangan merupakan langkah 3M berikutnya untuk menurunkan risiko penularan Covid-19 sebesar 35 persen. WHO menyarankan, cucilah tangan menggunakan sabun/antiseptik selama 20-30 detik dan menerapkan langkah-langkah yang benar. Jika dalam kondisi tertentu, semisal tidak ada air dan sabun atau tidak dapat menggunakan air dan sabun untuk membersihkan tangan, solusi lainnya adalah memakai cairan yang berbasis setidaknya 60 persen alkohol seperti hand sanitizer. Langkah 3M yang terakhir yaitu menjaga jarak atau social distancing dengan jarak minimal 1 meter, termasuk dengan menghindari kerumunan dapat meminimalisir risiko penyebaran COVID-19 hingga 85 persen.

m2

Perguruan Tinggi sebagai Institusi pendidikan memiliki peran dan tanggungjawab untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Hal ini diwujudkan melalui kegiatan PKM atau Pengabdian Kepada Masyakarat sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi. Program Studi S1 Akuntansi berupaya memenuhi kewajiban tersebut dengan mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Sosialisasi 3M dalam Pencegahan Covid-19 pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Cinangka”.

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk:

  1. Memberikan edukasi kepada anak – anak Sekolah Dasar mengenai Covid-19
  2. Memberikan edukasi cara pencegahan Covid-19 melalui perilaku disiplin 3M
  3. Mengajarkan cara mencuci tangan yang benar kepada anak Sekolah Dasar

Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada hari Rabu, 30 Desember 2020 secara tatap muka di Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Depok. Kegiatan ini dihadiri oleh 6 anak usia sekolah dasar sebagai peserta. Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB.

Materi yang disampaikan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu tentang pengertian Covid-19, gejala dan cara penularan Covid-19, cara pencegahan Covid-19 melalui perilaku disiplin 3M, cara mencuci tangan yang benar, etika bersin dan batuk, kemudian sebagai hasil akhir kami mengajarkan cara membuat face shield.

Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan oleh Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang yang dibimbing oleh Dosen Akuntansi S1 ibu Nur Asmilia dan terdiri dari 5 orang mahasiswa yaitu Athaya Kamila Herdyanti, Anita Nur Azizah, Aulia Setyaningrum, Eka Nurhayati dan Eka Putri Rahayu.

Ed by J