Giat Inovasi dalam Strategi Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan Di Era Pandemi dan New Normal Pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Universitas Pamulang untuk Komunitas Usaha Kecil LAPER (Lapak Warga Permata Pamulang)

Penulis: Listya Sugiyarti, S.E., M.M., CFA

pkm-1

Salah satu kewajiban bagi dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Untuk itu tim dosen dari Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan pengabdiannya untuk memberikan solusi dengan menggunakan metode penyuluhan dan pendampingan dengan tema ”Giat Inovasi dalam Strategi Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan Di Era Pandemi dan New Normal” pada Komunitas Usaha Kecil LAPER (Lapak Warga Permata Pamulang). Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut dilaksanakan pada tanggal 28-30 Oktober 2020 mendapat sambutan baik oleh Pimpinan Komunitas LAPER dan masyarakat Permata Pamulang yang memiliki usaha rumahan/UKM/usaha kecil dan pembeli yang selama ini tergabung dalam whatsapp Group dalam melakukan penawaran produk-produk yang ditawarkan oleh penjual. Tema tersebut dirasa sangat penting bagi pihak komunitas LAPER, dimana para anggota merupakan pejuang-pejuang ekonomi keluarga di masa pandemic covid 19.

Listya Sugiyarti, S.E., M.M., CFA, selaku ketua PKM menyampaikan bahwa kegiatan ini di lokasi outdoor dengan mematuhi protocol kesehatan yang ketat di masa pandemi covid 19, Acara pengabdian ini sekaligus memperingati hari sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 2020, memperkenalkan masakan berbagai daerah dari anggota komunitas LAPER dan memberikan penyuluhan bagaimana giat inovasi dalam strategi pemasaran produk yang dijual dan mengelola keuangan usaha dengan menggunakan aplikasi yang ada di gadget seperti handphone. Respon para peserta sangat baik dan senang karena sangat terbantu dalam pembelajaran tentang bagaimana mendesign fliyer yang isinya produk yang akan ditawarkan kepada pembeli, bagaimana cara mengelola keuangan yang masuk dan keluar tanpa rapot mencatat dibuku, cukup dengan menggunakan aplikasi handphone.

Selaku Pemimpin dan sekaligus inisiator komunitas LAPER Ibu Sureni mengatakan dengan adanya acara memperingati hari sumpah pemuda dan tim PKM dari Universitas Pamulang, para pengusaha usaha rumahan/UKM terbantu dan saat ini membuka wawasan mereka bahwa giat inovasi penting di era pandemic dan new normal ini. Dan pihaknya berharap PKM tersebut dapat berkelanjutan dan didampingi dalam hal apapun secara berkelanjutan demi kemajuan komunitas LAPER.

Ed by J