Pengabdian Kepada Masyarakat – Mahasiswa Prodi Sarjana Akuntansi Pendampingan Penyusunan Aplikasi Laporan Keuangan Masjid Yang Akuntabel Sesuai PSAK 45

Penulis : Sri Tari Indriyani (Mahasiswi Universitas Pamulang)

d1

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertujuan untuk membina dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan kemandirian dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berlokasi di Panti Asuhan Wisma Karya Bakti Kota Depok, dengan mengambil judul kegiatan “Pendampingan Penyusunan Aplikasi Laporan Keuangan Masjid Yang Akuntanbel Sesuai PSAK 45”. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berlangsung pada hari Minggu, 6 Desember 2020.

Peserta yang hadir meliputi Pengurus DKM Masjid Darul Arqom Sawangan serta calon-calon pengurus DKM yang menjadi berasal dari program kaderisasi Yayasan Panti Asuhan Wisma Karya Bakti sebanyak 20 orang.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dipimpin oleh Endang Liyawati selaku Moderator acara. Kegiatan pertama diawali dengan sambutan oleh Ketua PKM yaitu Rahmat Pirmansyah Hasim, dilanjutkan sambutan Pengurus DKM Masjid Darul Arqom serta sambutan dari Yayasan Panti Asuhan Wisma Karya Bakti yang disampaikan oleh Saudara Ilham selaku Sekretaris DKM Masjid Darul Arqom dan Koordinator Yayasan Panti Asuhan Wisma Karya Bakti .

Panitia PKM terdiri dari Pina Mustika sebagai Koordinator Konsumsi yang bertugas menyiapkan konsumsi selama acara berlangsung, Anis Kuraeni sebagai Bagian Dokumentasi yang bertugas untuk mendokumentasikan kegiatan PKM, Sri Tari Indriyani sebagai Sekretaris yang bertugas untuk mencatat point-point penting saat acara berlangsung untuk dijadikan notulensi dan laporan PKM, dan Ali Nafi’ Addawami sebagai Humas yang bertugas untuk membantu koordinasi antara panitia PKM dengan DKM Masjid Darul Arqom dan Koordinator Yayasan Panti Asuhan Wisma Karya Bakti.

Pemateri pada Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu Bapak Dr. H. Suripto, S.E., M.Ak., CSRS., dengan memaparkan materi mengenai Manajemen Masjid dan Bapak Sudarmadi, S.E, CPSAK., M.Ak. dengan memaparkan materi mengenai Akuntansi Masjid yang berisi tentang tata cara penyusunan laporan keuangan sesuai PSAK 45.

Materi mengenai Manajemen Masjid yang dipaparkan oleh Bapak Dr. H. Suripto, S.E., M.Ak., CSRS. menjelaskan bahwa masjid yang baik tidak hanya dimaksudkan untuk sarana beribadah kepada Allah semata.   Lebih dari itu masjid juga digunakan sebagai sarana  mencerdaskan umat, sebagai sarana  berkomunikasi antara umat dan sekaligus sebagai pusat kegiatan umat secara positif dan produktif.

Setelah mendapatkan materi mengenai Manajemen Masjid, maka pengurus DKM Masjid Darul Arqom serta santri yang menjadi kader pengurus DKM, akan didampingi oleh Mahasiswa/I Universitas Pamulang, yaitu Anis Kuraeni dan Pina Mustika untuk membuat konsep yang ideal, perihal pengelolaan Masjid Darul Arqom kedepannya. Anis Kuraeni dan Pina Mustika, keduanya merupakan Mahasiswi Universitas Pamulang Prodi S1 Akuntansi, dengan Jurusan Akuntansi Syariah, selama pendampingan, selain membantu membuat konsep pengelolaan, juga turut membantu memberikan edukasi terkait program kegiatan masjid yang produktif bagi pengurus DKM serta memberikan edukasi terkait pengelolaan Ziswaf, atau zakat, infak, sedekah dan wakaf, yang bisa digunakan untuk sumber pendanaan dalam membangun pengelolaan masjid yang ideal.

Materi mengenai Akuntansi Masjid yang berisi tentang tata cara penyusunan laporan keuangan sesuai PSAK 45 yang dipaparkan oleh Bapak Sudarmadi, S.E, CPSAK., M.Ak.

Setelah mendapatkan materi mengenai Akuntansi Masjid, maka pengurus DKM Masjid Darul Arqom serta santri yang menjadi kader pengurus DKM, akan didampingi oleh Mahasiswa/I Universitas Pamulang, yaitu Ali Nafi’ Addawami, Endang Liyawati dan Sri Tari Indriyani terkait tata cara menyajikan laporan keuangan yang baik menggunakan Microsoft Excel.

Ali Nafi’ Addawami, Endang Liyawati dan Sri Tari Indriyani, ketiganya merupakan Mahasiswa/i Universitas Pamulang Prodi S1 Akuntansi, dengan Jurusan Akuntansi Syariah, selama pendampingan, selain membantu terkait tata cara menyajikan laporan keuangan yang baik menggunakan Microsoft Excel, juga mengenalkan Aplikasi Akoontan, yang merupakan aplikasi khusus untuk membantu masjid dalam menyusun laporan keuangan yang akuntabel sesuai PSAK No. 45.

Selain itu, Ketua PKM, yaitu Rahmat Pirmansyah Hasim, yang merupakan Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi S1 Akuntansi, dengan Jurusan Akuntansi Keuangan, bertugas untuk menginventarisir asset Masjid Darul Arqom serta merancang sistem akuntansi pokok ,yaitu mulai dari merancang kode akun, formulir, catatan hingga laporan posisi keuangan dan laporan aktivitas Masjid Darul Arqom untuk periode 01 Juni 2020 sampai dengan 30 November 2020 yang mengacu pada PSAK No. 45.

Melalui pendampingan ini, maka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dapat membantu memberikan bekal ilmu terkait pencatatan laporan keuangan.

Secara keseluruhan, pendampingan ini membuat pencatatan dilakukan dengan lebih cepat dan alur lebih jelas. Serta profesionalisme dalam pengelolaan keuangan masjid akan meningkatkan kepercayaan jamaah.

Pengurus DKM Masjid Darul Arqom serta santri yang menjadi kader pengurus DKM, akan didampingi oleh Mahasiswa/I Universitas Pamulang, yaitu Anis Kuraeni dan Pina Mustika untuk membuat konsep yang ideal, juga turut membantu memberikan edukasi terkait pengelolaan Ziswaf, atau zakat, infak, sedekah dan wakaf, yang bisa digunakan untuk sumber pendanaan dalam membangun pengelolaan masjid yang ideal.

Ketua PKM, yaitu Rahmat Pirmansyah Hasim, bertugas untuk menginventarisir asset Masjid Darul Arqom serta merancang sistem akuntansi pokok ,yaitu mulai dari merancang kode akun, formulir, catatan hingga laporan posisi keuangan dan laporan aktivitas Masjid Darul Arqom untuk periode 01 Juni 2020 sampai dengan 30 November 2020 yang mengacu pada PSAK No. 45.

Ali Nafi’ Addawami, Endang Liyawati dan Sri Tari Indriyani, ketiganya selama pendampingan, selain membantu terkait tata cara menyajikan laporan keuangan yang baik menggunakan Microsoft Excel, juga mengenalkan Aplikasi Akuntan, yang merupakan aplikasi khusus untuk membantu masjid dalam menyusun laporan keuangan yang akuntabel sesuai PSAK No. 45.

 

Ed.by J