Pendampingan Wirausaha Muda Program Studi S1 Akuntansi Bekerja sama Desperindag Tangerang Selatan ‘’Penggunaan Produk Dalam Negeri Kepada Anak Didik dan Generasi Muda‘’

Penulis: Suhenih

a1

“Pengembangan Branding 100% Indonesia Dalam Gerakan #BANGGA BUATAN INDONESIA”

Di tengah masa pandemi yang masih berlangsung saat ini, pada hari Rabu, 02 Desember 2020, Universitas Pamulang bersama Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Tangerang Selatan telah sukses mengadakan kegiatan Sosialisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri Kepada Anak Didik dan Generasi Muda dengan tema Pengembangan Branding 100% Indonesia Dalam Gerakan #BANGGA BUATAN INDONESIA” bertempat di Hotel Horison Grand Serpong di JL.MH Thamrin No.KM 2,7 Kebon Nanas Tangerang. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan dari program divisi kewirausahaan Prodi Akuntansi yang dibina oleh Ibu Afridayani, S.E., M.M. dan Ibu Sucaiti Muanifah S.E., M.M. untuk menambah khasanah pengetahuan mahasiswa  agar dapat bersaing di di dunia usaha.

Dengan protokoler Kesehatan yang sangat ketat semua panitia penyelenggara dan para peserta dilakukan test terlebih dahulu untuk memastikan kesehatannya. Acara dimulai sejak pukul 08.00 WIB, mahasiswa Program Studi S1 Akuntasi diwakilkan oleh 10 mahasiswa terpilih yang juga merupakan pelaku UMKM. Yang terdiri dari  Decy Dafrosa Ramona, Maura Puspa Adita, Zainia, Delia Dwi Purnamasari, Suhenih, Giar Sri Kundari, Muhamad Sugalih, Ferri Ferdiansyah, Eva Choirunnisa, Merdeka Kusuma Bangsa.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 2 orang nasumber hebat, yakni Bapak Akhyari Hananto selaku Founder Good News From Indonesia dan Bapak Dr. Rer. Nat. Doni Yusri selaku Direktur Pengembangan Bisnis PT. BLST IPB University dan disiarkan melalui virtual converence zoom.

Semakin maraknya produk-produk luar negeri yang masuk ke Indonesia, semakin besar persaingan perdagangan di dalamnya. Masih tidak sedikit diantara kita yang belum mengetahui apa-apa saja produk buatan lokal yang tersedia di market place. Sosialisasi ini dilakukan untuk menyuarakan #banggabuatanindonesia dengan harapan bisa menimbulkan kesadaran dan kecintaan terhadap produk-produk lokal sehingga membuat daya beli terhadap produk lokal meningkat. Seiring dengan meningkatnya penjualan produk dalam negeri maka akan mengangkat pertumbuhan perekonomiannegara tersebut.

Tahun ini negeri kita ditantang berinovasi menghadapi pandemi. Sebagai salah satu upayanya, pemerintah menyelenggarakan Gerakan nasional berbentuk gotong royong melalui UMKM. Di Indonesia, sudah terbukti para pelaku UMKM tahan krisis ekonomi sejak 1998, kini paling terdampak pandemic COVID-19. Perkembangan teknologi internet dan imbauan social distancing selama pandemi menegaskan bahwa merambah perdagangan online menjadi cara paling efektif bertahan dan meraih penjualan maksimal ke depannya.

Pelaku UMKM, marketplace, pemerintah, dan seluruh masyarakat Indonesia diharapkan terlibat dalam gerakan nasional untuk mencapai hasil yang diharapkan. Konsumen diharapkan lebih memilih barang-barang buatan dalam negeri, terlebih produk UMKM. Termasuk pemerintah yang akan mengutamakan produk UMKM untuk pengadaannya. UMKM dan ekonomi Indonesia akan berjaya di negeri sendiri.

a2

Dalam sosialisasi ini dihadirkan oleh para mahasiswa yang juga pelaku UMKM sehingga sangat pro-aktif dalam sharing session tanya-jawab dengan narasumber. Dimulai dari bagaimana caranya start-up memulai usaha, fasilitas perijinan, serta tips agar usaha dapat berkembang dipaparkan oleh narasumber dan yang paling penting adalah menumbuhkan semangat untuk terus berinovasi.

Di akhir sesi selain tanya jawab juga terdapat quiz yang menambah semangat para peseta berhadiah menarik produk lokal buatan Indonesia.

# Divisi Kewirausahaan Prodi S1 Akuntansi (Afridayani, S.E., M.M.) #

Ed.by J