KELAS TAX CENTER “Kupas Tuntas PPN dan PPnBM”

Penulis: Shindy Mawarni Lestari (Mahasiswa (181011202046))

ww

Pajak merupakan solusi alternatif dalam peningkatan sumber pembiayaan dalam negeri. Pajak telah terbukti menjadi sumber utama dalam APBN Indonesia yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu pajak yang dibebankan kepada masyarakat adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan  Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).

Aktivitas perdagangan suatu negara tidak terlepas dari pengenaan pajak. PPN dan PPnBM memberikan pendapatan besar bagi penerimaan kas negara Indonesia, khususnya dari masyarakat yang berekonomi menengah ke atas.

PPN dan PPnBM ini bertujuan untuk semakin meningkatkan kepastian hukum dan keadilan, mencipatakan sistem perpajakan yang lebih sederhana, serta mengamankan penerimaan negara agar pembangunan nasional dapat dilaksankan secara mandiri. Dalam UU PPN No. 42 tahun 2009, PPN ini merupakan pajak tidak langsung.

Perhitungan PPN dan PPnBM  menggunakan metode pengurangan tidak langsung, yaitu dengan memperhitungkan besaran pajak masukan dan pajak kelauaran. Perhitungan PPN dan PPnBM yang berbeda ini membuat para Mahasiswa yang sedang memahami nya masih kurang menangkap maksud dari metode tersebut.

Maka dengan ini, Tax Center mengadakan kegiatan rutinnya yaitu Kelas Tax Center (KTC) sebagai media pembelajaran untuk para mahasiswa yang ingin mendalami bidang pajak. Kegiatan Kelas Tax Center kali ini bertema “Kupas Tuntas PPN dan PPnBM” yang dilakukan secara daring. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai PPN dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pemahaman PPN.

www

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 November 2020 secara daring melalui Zoom Cloud dengan  jumlah 117 peserta dari 18 instansi yang berbeda yaitu kampus Universitas Pamulang dan Perguruan Tinggi lainnya. Acara ini berlangsung selama tiga jam yang dibuka dengan sambutan oleh Ibu Wahyu Nurul Hidayati, S.E.,Ak.,M.Ak selaku ketua tax center. Kemudian dilanjutkan oleh Safitri Anggraeni sebagai ketua relawan tax center. Tak lupa sambutan yang paling penting dari Ibu Effriyanti, S.E., Akt., M.Si., CA selaku Kaprodi S1 Akuntansi yang telah menyempatkan waktunya pada kegiatan ini. Pemaparan materi diberikan oleh Ibu Wiwit Irawati, S.E., M.Ak. mengenai PPN dan PPnBM.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini Kelas Tax Center ini diharapkan mampu memberikan manfaat kepada mahasiswa khususnya dan masyarakat pada umumnya sehingga memberikan pengetahuan tambahan mengenai PPN dan PPnBM dari segi materi, perhitungan dan pengaplikasiannya di dunia kerja nanti.

Ed by J