Sosialisasi Dalam Focus Group Discussion “Jadi Mahasiswa Produktif Bagaimana Caranya?”

Penulis: Juitania, S.Pd., M.Pd

whatsapp-image-2020-11-20-at-06-20-01

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama kurang lebih 11 bulan jangan dipandang hanya dengan melihat pandemi dari sudut pandang yang negatif Saja dan dijadikan rintangan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif. Program Studi Sarjana Akuntansi bersama dengan Tim Kemahasiswaan mengajak para mahasiswa untuk dapat berevolusi dalam pola pikir atau growth mindset dengan selalu belajar dan beradaptasi dengan hal-hal baru dengan cepat, melalui Focus Group Discussion pada tanggal 02 November 2020 dengan mengusung tema “Jadi Mahasiswa Produktif Bagaimana Caranya?” dengan narasumber Afridayani, S.E., M.M; Koordinator Kewirausahaan Mahasiswa  dan Juitania, S.Pd., M.Pd; Koordinator PkM Mahasiswa dan dipandu oleh Ibu Suciati Muanifah, S.E., M.M. Kegiatan FGD ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Sarjana Akuntansi; Ibu Effriyanti, S.E., Akt., M.Si., C.A., Wakil Ketua Program Studi Sarjana Akuntansi; Ibu Listiya Ike Purnomo, S.E., M.M dan Kepala Koordinator Kemahasiswaan; Ibu Putri Nurmala, S.E., M.Si. dan 162 Mahasiswa.

Focus Group Discussion seacara daring ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Koordinator Kemahasiswaan; Ibu Putri Nurmala, S.E., M.Si menyampaikan bahwa Tim Kemahasiswaan melaksanakan kegiatan FGD untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan produktif yang dapat diikuti oleh mahasiswa dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar kegiatan kemahasiswaan yaitu Program Bengkel Bisnis Prodi Akuntansi dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Mahasiswa, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Ketua Prodi Sarjana Akuntansi; Ibu Listiya Ike Purnomo, S.E., M.M beliau menyampaikan bahwa melalui kegiatan FGD yang diselenggarakan oleh Tim Kemahasiswaan dapat menumbuhkan bibit-bibit unggul untuk meneruskan perjuangan akademik dan non Akademik dan juga dapat mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi; salah satunya yaitu Pengabdian kepada Masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Kaprodi Sarjana Akuntansi; Ibu Effriyanti, S.E., Akt., M.Si., CA yang mengajak para mahasiswa untuk selalu semangat bukan terpuruk dengan keadaan yang ada pada saat ini, mahasiswa mencari peluang dan menciptakan peluang secara bersama-sama untuk berproduktif; membuat komunitas yang memiliki empati terhadap lingkungan sekitar dan memberikan empatinya dengan mewujudkan program PKM oleh Mahasiswa. Beliau menambahkan bahwa kegiatan PkM tidak hanya dapat dilakukan kepada Masyarakat Kampus saja tetapi juga dapat dilakukan diluar komunitas Kampus Universitas Pamulang. Kegiatan PkM Mahasiswa dan Kewirausahaan merupakan kegiatan yang saling bersinergi; Ibu Kaprodi Sarjana Akuntansi menyampaikan ciptakan peluang usaha, baik ide bisnis maupun kegiatan usaha yang sudah ada akan didampingi oleh mentor-mentor bapak/ibu dosen atau mahasiswa yang sudah berpengalaman sehingga harapannya tidak hanya menjadi job seeker tetapi menjadi memberi peluang pekerjaan untuk orang lain.

Narasumber; Koordinator PkM Mahasiswa menyampaikan bahwa kegiatan PkM adalah kegiatan perwujudan dari Tri Dharma Peguruan Tinggi yang dilaksanakan tidak hanya Dosen saja tetapi juga Mahasiswa. Mahasiswa sebagai masyarkat akademik kampus berempati dan mengaktualisasikan diri dengan memiliki rasa tanggung jawab dan kepedulian sosial. Kegiatan PkM dapat meliputi berbagai macam bidang yaitu kemitraan masyarakat, pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat, pengembangan Kewirausahaan, penerapan IPTEK dan sosial humaniora-sosial budaya-pendidikan. Narasumber menghimbau kepada seluruh mahasiswa dengan menyerukan “Buat Ilmumu Selangkah Lebih Bermanfaat dengan PkM Mahasiswa”

Kegiatan produktif yang dapat dilakukan oleh mahasiswa adalah mengikuti kegiatan kewirausahaan; Narasumber Koordinator Kewirausahaan menginformasikan kepada mahasiswa untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi, kegiatan Bengkel Bisnis Prodi Sarjana Akuntansi merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif serta merintis kewirausahaan yang berorientasi pada profit.

Kegiatan Produktivitas Mahasiswa; Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dan Kegiatan Kewirausahaan terus disosialisasikan dan dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi yang berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta empati yang tinggi. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian.

Ed. by J