PKM MAHASISWA PRODI SARJANA AKUNTANSI BEKERJASAMA DENGAN GALERI INVESTASI “PENTINGNYA MEMAHAMI LAPORAN KEUANGAN BAGI INVESTOR”

Penulis: Agnes Rouli Pakpahan

121

Berinvestasi merupakan salah satu jalan untuk menata dan mencapai kehidupan finansial yang lebih baik. Namun, menjadi seorang investor tidaklah mudah. Harus didukung dengan keberanian dan kemampuan yang cukup. Karena dunia investasi sifatnya tergolong dinamis dan pergerakannya juga sangat cepat.

Ketika kita berinvestasi, kita harus mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, agar apa yang diinvestasikan dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat. Pengetahuan dan kemampuan praktik dalam dunia investasi merupakan hal sederhana yang harus dimiliki calon investor, selain modal.

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang investor ialah teliti dalam mempertimbangkan pilihan. Apalagi bila kita memutuskan untuk menjadi investor yang melakukan pengelolaan secara mandiri. Beberapa cara yang bisa dilakukan oleh seorang investor agar tidak salah memilih ialah dengan memahami laporan keuangan.

Perguruan Tinggi sebagai Institusi yang memiliki tanggung jawab untuk dapat memberikan ilmu kepada masyarakat sudah seharusnya melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi. Program Studi Sarjana Akuntansi melalui Galeri Investasi berupaya memenuhi kewajiban tersebut dengan mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Pentingnya Memahami Laporan Keuangan bagi Investor.” yang dilakukan secara daring bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengenalan terkait laporan keuangan suatu perusahaan.

1211

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 14 November 2020 secara daring melalui Zoom Cloud Meeting App yang dihadiri oleh 65 peserta. Acara ini berlangsung selama satu jam setengah yang dibuka oleh Ibu Rosita Wulandari, S.E., M.M. selaku Direktur Galeri Investasi Universitas Pamulang. Lalu kemudian dilanjutkan oleh Ibu Juitania selaku Koordinator PkM Mahasiswa. Pemaparan materi dilakukan oleh Moh. Khaerul Anwar, mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi dan juga selaku anggota Kelompok Studi Pasar Modal GI Unpam dan selanjutnya ditambahkan oleh  Ibu Rahma Wiyanti S.E., M.Si. selaku dosen pembimbing PKM.

12111

Materi yang disampaikan pada kegiatan PKM ini adalah rasio dalam fundamental analisis seperti ROE, ROA, DER, EPS, PER, PBV, NPM, dan Dividen Yield. Dengan dilaksanakannya kegiatan PkM ini diharapkan mampu memberikan manfaat untuk para peserta atas materi yang telah di sampaikan.

Pengabdian Kepada Masyarakat diadakan oleh Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Pamulang dan Mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang yang terdiri dari 6 orang mahasiswa yaitu Anggi Rizki Amalia, Agnes Rouli Pakpahan, Ayu Laelatul Safitri, Adam Sutanto Sanjaya dan Moh. Khaerul Anwar.

Ed by J