Press Release PKM Dosen ” Penerapan Akuntansi Sederhana Bagi Para Ibu-Ibu Pengusaha Mikro Online/Offline di Perumahan Vila Dago Cluster Nusa Dua Rt.06/Rw.20 Pamulang Tangerang Selatan”

Penulis : Muhammad Sopiyana S.Pd.I., M.Pd

Dosen Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang telah mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat di masa pandemi covid-19. Dosen Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang dalam hal ini menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat pada lingkungan di Perumahan Vila Dago  Cluster Nusa Dua Rt.06/Rw.20 Pamulang. Dengan tema “Penerapan Akuntansi Sederhana Bagi Para Ibu-Ibu Pengusaha Mikro Online/Offline Di Perumahan Vila Dago  Cluster Nusa Dua Rt.06/Rw.20 Pamulang.”

12

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan salah satu wujud konkrit implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan ini adalah memberdayakan ibu-ibu di perumahan Vila Dago Cluster Nusa Dua RT 06 untuk di kenalkan kepada ilmu akuntansi dasar karena mereka memeiliki sebuah usaha tapi masih belum memiliki pemahaman yang lebih mengenai akuntansi dasar. Sehingga ketika kita masuk untuk memberikan pelatihan kepada mereka, mereka menjadi lebih memahami bagaimana merencanakan keuangan mereka dan mengkalkulasi dalam pembelanjaan, dan menghitung hpp dari setiap produksi yang mereka lakukan sehingga bisa meminimalisasi kerugian yang di akibatkan perhitungan akuntansi yang masih kurang. Maka dengan adanya kegiatan ini bisa mengurangi dampak buruk dari usaha yang mereka lakukan dari segi akuntansi.  Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang diantaranya: Muhammad Sopiyana, S.Pd.I. M.Pd., Hamida Hunein, S.E., M.M. Luh Nadi, S.E., M.M. Riska Damayanti, S.E., M.Ak.  Tri Budi Subiyakto, S.E., M. Esy serta melibatkan beberapa Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang, Ibu-ibu Perumahan Vila Dago Cluster Nusa Dua Rt.06/Rw.20 Pamulang. Dalam acara tersebut dapat sambutan yang baik dari ibu RT (Maspupah), bawasannya kegiatan tersebut diminta untuk berlanjut karena sangat membantu ibu-ibu dalam menjalankan usaha rumah tangga yang mereka lakukan. Sehingga mereka tahu akan ilmu dalam berusaha tidak hanya modal nekat dan uang.

Pada kegiatan ini materi yang disampaikan tentang  “Penerapan Akuntansi Sederhana Bagi Para Ibu-Ibu Pengusaha Mikro Online/Offline di Perumahan Vila Dago Cluster Nusa Dua Rt.06/Rw.20 Pamulang”  Para Nara  sumber di sini menyampaikan hal pokok diantaranya

Bagaimana mengelola keuangan dalam usaha mikro dan bagaimana menghitung harga pokok produksi agar mereka bias menghitung harga jual dan keuntungan mereka dalam usaha yang mereka lakukan, materi tersebut di berikan oleh Ibu Riska Damayanti,S.E., M.Ak dan Bapak Tri Budi Subiyakto, S.E., M.Esy. Setelah penyampaian materi dari para nara sumber dilanjutkan sesi tanya jawab, banyak peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan sehingga dalam sesi tanya jawab ini banyak pertanyaan yang muncul. kemudian paniatia memilih 3 pertanyaan terbaik untuk dikasih hadiah dari panitia.

Acara ditutup dengan pemberian kesimpulan dari pembawa acara, menurut peserta kegiatan ini memberikan ilmu dan pengetahuan baru mengenai akuntansi sederhana. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan dengan sukses dan penuh antusias peserta.

Ed by J