Pengabdian Kepada Masyarakat-Mahasiswa Universitas Pamulang “Mengenalkan dan Menanamkan Budaya Membaca Sejak Dini Kepada Anak-anak Usia Sekolah”

Penulis : Bagus Rahmawan Azhar

1

Hima S1 Akuntansi Universitas Pamulang telah mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat secara Langsung di tengah masa pandemi Covid-19. Hima S1 Akuntansi Universitas Pamulang menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat pada Taman Bacaan Masyarakat Kolong dengan mengusung tema “Mengenalkan dan Menanamkan Budaya Membaca Sejak Dini Kepada Anak-anak Usia Sekolah”

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan salah satu wujud konkrit implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah berupa penyaluran buku dan paket kreasi kepada anak-anak Taman Bacaan bertujuan untuk  upaya menanam atau mengajarkan budaya membaca sejak dini dan mengasah kreatifitas anak ditengah masa pandemi Covid-19. Pemberian buku dan pengajaran ini membuka wawasan peserta akan pentingnya pelajaran dalam mengajarkan anak anak sejak dini membaca dan berkreatifitas di masa pandemi sehingga diharapkan setelah mengikuti Pengabdian Kepada Masyarakat ini Anak-anak Taman Bacaan jadi lebih mengenal dan mengajar kan pendidikan walau sekecil apapun.

Pelaksanaan PKM ini dilakukan pada hari Minggu, 18 Oktober 2020. Yang dilaksanakan secara langsung atau terjun kelapangan. Kegiatan penyaluran buku yang dilaksanakan bertujuan untuk memperkenalkan Taman Bacaan Masyarakat Kolong ke khalayak luas dan membuat sistem yang dapat menjadi media yang mempertemukan donatur dengan pengelola Taman Bacaan Masyarakat, serta menambah koleksi buku Taman Bacaan Masyarakat dan Anak-anak Taman Bacaan. Dengan pengerjaan selama 2 minggu, berhasil menggalang donasi buku sebanyak 150 buku dan 50 paket kreasi buku kepada anak-anak Taman Bacaan.

2

3

 

Pada kegiatan ini kami memberikan beberapa tips supaya tidak bosan membaca yang bisa dilakukan oleh anak anak. Tipsnya cukup sederhana seperti membaca secara berulang mengenal nama buah dan hewan atau belajar membaca secara dibuat memnyenangkan seperti permainan, lalu membaca walau 1 hari 1 halaman dll . Kegiatan selanjutnya adalah sesi games dan foto bersama. Banyak anak-anak yang begitu antusias untuk bertanya sehingga kami memilih tiga pertanyaan terbaik yang langsung di jawab dan memberikan hadiah tambahan berupa buku.

Kegiatan ini di tutup dengan pemberian piagam penghargaan dan penyaluran buku kepada pihak Taman Bacaan Masyarakat Menurut kami kegiatan ini memberikan banyak manfaat seperti menimbulkan rasa kepedulian satu dengan yang lainnya untuk kemajuan Taman Bacaan Masyarakat, dan membantu memudahkan Taman Bacaan Masyarakat dalam menemukan donatur-donatur untuk mengembangkan Taman Bacaan Masyarakat Kolong itu sendiri.

Ed by J