Sekolah Pasar Modal “Pendampingan Transaksi dan Analisis Teknikal Galeri Investasi Universitas Pamulang”

Penulis: Rosita Wulandari

whatsapp-image-2020-10-08-at-16-21-14

Sebelumnya, Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Galeri Investasi sudah mengadakan kegiatan rutin mengenai edukasi investasi dan pasar modal melalu kegiatan yang dinamakan Sekolah Pasar Modal atau yang biasa disebut SPM. Tidak sedikit peserta yang telah mengikuti kegiatan Sekolah Pasar Modal yang langsung membuat akun sahamnya.

Dalam melakukan investasi saham, diperlukan beberapa analisis agar dapat menjadi investor yang sukses di kemudian hari. Analisis yang biasa digunakan oleh para investor adalah analisis teknikal dan fundamental.

Analisis teknikal adalah suatu teknik analisis yang dikenal dalam dunia keuangan yang digunakan untuk memprediksi trend suatu harga saham dengan cara mempelajari data pasar yang lampau, terutama pergerakan harga dan volume.

Pada tanggal 07 Oktober 2020 pukul 13.00 Galeri Investasi telah melaksanakan kegiatan Pendampingan Transaksi dan Analisis Teknikal yang dilakukan secara Online (Daring).

Kegiatan Pendampingan Transaksi dan Analisis Teknikal ini merupakan salah satu solusi bagi investor pemula, yang bingung ingin memulai dari mana dan bingung cara untuk bertransaksi dalam saham misal cara beli dan jualnya. Kegiatan ini juga merupakan salah satu solusi bagi investor yang baru memulai yang masih ragu dalam memilih waktu kapan untuk membeli dan menjual sahamnya. Dalam Kelas Online ini peserta yang telah memiliki akun saham, akan mendapatkan pemaparan cara bertransaksi dan cara menganalisis suatu saham melalui aplikasi yang dipraktikkan secara online lewat sharing screen dari narasumber.

Kegiatan Pendampingan Transaksi ini adalah kali pertama dilaksanakan secara daring dengan jumlah peserta sekitar 80 peserta. Kegiatan kali ini dilaksanakan menggunakan aplikasi yang sudah menjadi langganan bagi masyarakat bila melakukan meeting online yaitu Zoom Cloud Meeting Apk.

Acara berlangsung selama kurang lebih 2 jam yang diawali oleh  Bapak Ajimat, S.Si., M.M. untuk pembukaan, lalu pembacaan doa dan dilanjutkan oleh moderator, kemudian dilanjutkan oleh narasumber yang sudah berpengalaman dibidangnya yaitu Bpk. Krishna Dwi Setiawan selaku Head of Lots Services di PT Lotus Andalan Sekuritas.

Antusiasme dari partisipan mengenai Pendampingan Transaksi dan Analisis Teknikal sangat terasa hingga akhir kegiatan, sayang sekali terkendala waktu sehingga banyak pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan tidak dapat dijawab satu persatu. Semoga dengan adanya kegiatan ini membuat para peserta tidak bingung dalam melakukan transaksi jual beli dan semakin mampu memperkirakan trend suatu harga saham.

Ed. by J