PKM MAHASISWA “CARA TEPAT INVESTASI DI MASA PANDEMI”

Penulis: Adam Sutanto Sanjaya

1

Pandemi virus corona bukan hanya membahayakan manusia, tetapi juga sektor bisnis, dunia usaha, dan instrumen investasi. Selama beberapa bulan ini, sejumlah sektor satu per satu tumbang akibat pandemi Covid-19. Wabah yang tak henti-henti merebak ini membuat para investor asing serta domestik berusaha keras mencari aset yang aman dan tepat. Tak jarang banyak investor yang berusaha mengubah strategi investasi mereka selama pandemi ini supaya tidak buntung dan rugi.
Gejolak ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi corona telah membuat pola konsumsi dan pengelolaan keuangan masyarakat berubah begitupula dengan perubahan risiko terhadap sejumlah instrumen investasi. Sehingga dalam menyikapi Kondisi ini maka diperlukan langkah untuk mereview ulang terhadap pengelolaan investasi saham yang dimiliki untuk menyelamatkan aset sekaligus untuk memenuhi kebutuhan dana darurat di saat krisis akibat pandemi. Tak sedikit para investor yang membuka akun di Galeri Investasi Universitas Pamulang ragu bahkan memberikan keluhan, karena bimbang dalam memilih investasi yang tepat di masa pandemi sekarang ini agar terhindar dari kerugian yang lebih besar. Maka dari itu, Kelompok PkM Universitas Pamulang bekerja sama dengan Galeri Investasi khususnya Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) mengadakan kegiatan Edukasi Cara Tepat Investasi di Masa Pandemi yang dimaksudkan agar peserta kegiatan ini menjadi lebih bijak dalam memilih intrumen investasi dan sektor perusahaan tertentu yang dapat berkembang di era pandemi.
Kegiatan pengedukasian ini merupakan solusi bagi para investor pemula atau calon investor pemula, mahasiswa maupun akademisi yang ingin mengambil langkah aman bagiamana cara nya ber Investasi di masa pandemi namun tetap mendapatkan keuntungan yang optimal.
Kegiatan ini diadakan pada tanggal 14 Agustus 2020 dan dihadiri dengan jumlah 30 peserta. Kegiatan pengedukasian kali ini dilaksanakan secara offline di Universitas Pamulang R218 tentunya dengan menggunakan protokol kesehatan yang sudah di anjurkan oleh Pemerintah.
Acara dilakukan selama 1 hari. Pertama-tama acara diawali oleh MC untuk pembukaan, dilanjutkan oleh moderator, dan pemaparan pemateri dari Mahasiswa PkM yang sudah berpengalaman pada dunia pasar modal. Lalu kami juga mengundang bapak Fadly Fatah selaku perwakilan dari Bursa Efek Indonesia, untuk menjelaskan bagaimana kondisi Pasar Modal di era Pandemi. Antusiasme dari partisipan mengenai Investasi dan Pasar Modal sangat terasa dan tak lupa di penghujung acara kami juga memberikan paket donasi sembako kepada para peserta yang datang. Paket sembako ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada para peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan PkM “Cara Tepat Investasi di Masa Pandemi”. Semoga dengan adanya kegiatan PkM ini, diharapkan dapat membantu para mahasiswa ataupun para civitas akademisi untuk mampu menelusuri instrumen investasi apa yang tepat dipilih agar tidak terjadi kerugian yang amat besar di masa pandemi ini.

ed. by J