PKM Mahasiswa “EDUKASI PASAR MODAL BAGI INVESTOR PEMULA KEPADA MAHASISWA “

Penulis: Agnes Rouli Pakpahan

 

1

Pandemik virus Covid-19 ini tidak bisa kita hindari. Berbagai dampak telah terjadi di seluruh Indonesia. Akibatnya pemerintah mengusulkan adanya PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk mengurangi penyebaran virus yang membuat segala aktivitas perkuliahan terpaksa dipindahkan secara daring.

Pada masa pandemik ini, Kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat yang bekerja sama dengan Galeri Investasi Universitas Pamulang melakukan kegiatan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pasar modal dan investasi. Karena pasalnya, masih banyak masyarakat yang memiliki pengetahuan yang cukup tentang pasar modal dan belum memiliki pengalaman untuk terjun langsung ke dalam pasar modal atau berinvestasi. Maka, Kelompok PKM Universitas Pamulang bekerja sama dengan Galeri Invetsasi khususnya Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) mengadakan kegiatan Edukasi Pasar Modal Bagi Investor Pemula Kepada Mahasiswa Universitas Pamulang yang dimaksudkan agar peserta kegiatan ini menjadi lebih bijak dalam menentukan instrumen investasi yang cocok untuk masa depannya. Selain itu juga agar dapat memperkenalkan kepada masyarakat bila di Universitas Pamulang juga memiliki fasilitas keuangan yang dinamakan Galeri Investasi yang dapat digunakan oleh masyarakat, termasuk dosen dan mahasiswa.

Kegiatan pengedukasian ini merupakan solusi bagi para investor pemula atau calon investor pemula, mahasiswa maupun akademisi yang ingin mengenal cara berinvestasi di Pasar Modal Indonesia, namun memiliki kendala untuk menghadiri Kelas Tatap Muka dikarenakan keterbatasan waktu atau lokasi terutama dalam masa pandemik seperti sekarang ini. Dalam kegiatan ini investor pemula atau calon investor, ataupun masyarakat lainnya akan mendapatkan edukasi Investasi Pasar Modal melalui pemaparan melalui media video, audio, tertulis dan forum yang digunakan sebagai sarana belajar.

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 07 Agustus – 09 Agustus 2020 dan dihadiri dengan jumlah peserta lebih kurang 280 pesera. Kegiatan pengedukasian kali ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi yang sedang trending digunakan kala pandemik ini yaitu Zoom Cloud Meeting Apk.

Acara dilakukan selama kurang lebih 3 hari dengan waktu 2 jam pertemuan perhari. Untuk hari pertama dilakukan registrasi kegiatan  dan sosialisasi Galeri Investasi yang ada di Universitas Pamulang oleh kelompok PkM. Hari kedua memperkenalkan Bursa Efek Indonesia dan instrumen-intrumen investasi yang ada dalam Bursa Efek Indonesia. Sedangkan pada hari terakhir kami mengundang Bapak Krishna Dwi Setiawan selaku Head Of Service Lotus Sekuritas untuk memperkenalkan perusahaan sekuritas yang mana perusahaan sekuritas merupakan perantara antara investor dan pusat pasar modal.

Pertama-tama acara diawali oleh MC untuk pembukaan, dilanjutkan oleh moderator, dan pemaparan pemateri dari narasumber yang sudah berpengalaman pada dunia pasar modal. Antusiasme dari partisipan mengenai Investasi dan Pasar Modal sangat terasa, sayang sekali terkendala waktu sehingga banyak pertanyaan-pertanyaan yang telah ditanyakan tidak dapat dijawab satu persatu. Semoga dengan adanya kegitan PkM ini, membuat masyarakat semakin aware untuk berinvestasi dan siap untuk terjun langsung untuk menjadi investor.

Edt.by J