Sekolah Pasar Modal Online Galeri Investasi Universitas Pamulang

Penulis: Rosita Wulandari  

Di tengah pandemi Covid 19 yang masih marak ini, tidak membuat Galeri Investasi berhenti memberikan edukasi kepada mahasiswa Universitas Pamulang. Kegiatan edukasi yang rutin dilakukan oleh Galeri Investasi Unpam ialah mengadakan Sekolah Pasar Modal.

Sekolah Pasar Modal adalah sebuah bentuk edukasi dan sosialisasi mengenai pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pada tanggal 23 September 2020 Galeri Investasi telah melaksanakan kegiatan Sekolah Pasar Modal Lv. 1 yang dilakukan secara Online.

pasar_modal

Sekolah Pasar Modal Online ini merupakan solusi bagi calon investor atau investor pemula, mahasiswa maupun akademisi yang ingin mengenal cara berinvestasi di Pasar Modal Indonesia, namun memiliki kendala untuk menghadiri Kelas Tatap Muka dikarenakan keterbatasan waktu atau lokasi terutama dalam masa pandemi seperti ini. Dalam Kelas Online ini calon investor, mahasiswa dan akademisi akan mendapatkan edukasi Investasi Pasar Modal melalui pemaparan melalui media video, audio, tertulis dan forum yang digunakan sebagai sarana belajar.

Kegiatan Sekolah Pasar Modal (SPM) Online ini adalah kali ke lima dilaksanakan secara daring dengan jumlah peserta sekitar 250 peserta. SPM kali ini dilaksanakan menggunakan aplikasi yang sudah menjadi langganan bagi masyarakat bila melakukan meeting online yaitu Zoom Cloud Meeting Apk.

Acara berlangsung selama kurang lebih 3 jam yang diawali oleh Ibu Listiya Ike Purnomo, S.E., M.M. untuk pembukaan, lalu pembacaan doa oleh Ibu Suciati Muanifah, S.E., M.M.  dan dilanjutkan oleh moderator, kemudian pemateri. Ibu Listiya Ike Purnomo, S.E., M.M. mengatakan bahwa Sekolah Pasar Modal ini termasuk salah satu output dari mata kuliah Akuntansi Keuangan. Maka dari itu, sebaiknya para mahasiswa Universitas Pamulang Prodi S1 Akuntansi bisa merpartisipasi dalam kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Galeri Investasi.

Antusiasme dari partisipan mengenai Investasi dan Pasar Modal sangat terasa hingga akhir kegiatan, sayang sekali terkendala waktu sehingga banyak pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan tidak dapat dijawab satu persatu. Dalam pelaksanaannya terdapat 2 sesi, sesi pertama membahas mengenai dunia pasar modal secara general dan sesi kedua ini berfokus pada investasi saham. Pemateri Sekolah Pasar Modal Online ini menghadirkan praktisi-praktisi yang hebat dimasing-masing bidangnya, yaitu:

  1. Fadli Fatah selalu Kepala Kantor Pengembangan IDX Wilayah Banten
  2. Krisna Dwi S selaku Head of Lots Services di Lotus Sekuritas.

 

Ed.by J