Info Seputar Kegiatan PKM MAHASISWA “Mengelola dan Mengaplikasikan Modal Secara Efektif dan Efisien Dalam Berwirausaha di Tengah Pandemi”

Penulis: Rezza Putri Fauziah

Tugas Mahasiswa pada umumnya adalah belajar dan menuntut ilmu di Kampus atau Perguruan Tinggi, namun sebenarnya tidak hanya belajar di Kampus atau Perguruan Tingi  saja, ada 3 Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan Mahasiswa selain belajar di kampus yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

1

Di tengah masa pandemik Covid-19 ini banyak dari para pekerja yang terkena dampaknya, salah satunya adalah para pekerja yang di-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), terkhususnya Masyarakat dan Mahasiswa Universitas Pamulang. Setelah di-PHK banyak dari mereka yang kesusahan untuk membayar kuliahnya dan bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun susah. Maka dari itu dalam hal untuk meringani beban dan menambah pemasukan mereka, kami Tim PkM Mahasiswa (PkM-M) 1 mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) secara daring melalui aplikasi Zoom untuk memberikan edukasi mengenai “Mengelola dan Mengaplikasikan Modal Secara Efisien dan Efektif dalam Berwirausaha di Tengah Pandemik” yang dilaksanakan selama 5 hari, yaitu pada tanggal 21 Juni sampai dengan 25 Juni 2020. Untuk hari pertama, tanggal 21 Juni pembukaan melalui aplikasi Zoom namun hari setelahnya pembahasan dan saling bertukar ilmu dilanjutkan melalui grup Whats App (WA).

Pemateri dari kegiatan PKM ini adalah Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang semester 8 yaitu, Pijar Ajie Pamungkas. Beliau bekerja sebagai IT Support di PT DARYA VARIA LABORATORIA dan seorang wirausahawan sukses yang mempunyai usaha “Bonabee” (produk penambah nafsu makan yang diproduksi sendiri) dan “Cream Acne” (sebagai Dropshipper). Dan Pembimbing dari PKM-M ini adalah Ibu Juitania S.Pd., M.Pd., selaku dosen Universitas Pamulang.

Peserta pada kegiatan PkM-M ini dibatasi hanya 20 orang saja. Namun tidak mengurangi antusias mereka dalam bertanya dan belajar mengolah modal untuk membuat sebuah usaha. Ada peserta yang memang sudah membuka usaha sebelum mengikuti PKM-M ini. Namun, kebanyakan dari mereka yang belum sama sekali membuka usaha, dan sampai pada akhir kegiatan PKM-M ini, yaitu tanggal 25 Juni 2020 akhirnya banyak dari mereka yang membuat usaha ataupun menjadi reseller setelah mendapatkan ilmu tentang berwirausaha dan tidak jarang dari mereka yang mempromosikan produknya di grup Whats App. Berikut usaha-usaha yang mereka jalankan yaitu:

  1. Anggota sekaligus reseller Natura World
  2. Usaha Bakso Ceker Mercon yang sebelumnya belum masuk Grabfood namun setelah mengikuti kegiatan ini bisa sampai masuk Grabfood
  3. Usaha Produk Milagros
  4. Online Shop
  5. Dan reseller produk lainnya

Berikut adalah nama Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa: Pijar Ajie Pamungkas/2016120465 selaku Narasumber yang bertugas memaparkan materi terkait tema yang diusung, Denisa/171011202137 selaku Ketua Pelaksana bertugas mengkordinir acara dari awal sampai selesai , Rezza Putri Fauziah/181011202288 selaku Sekretaris 1 bertugas mencatat point-point penting saat acara berlangsung untuk dijadikan notulensi, Anisa Puspidiawati/181011201486 selaku Sekretaris 2 mencatat setiap waktu pergantian sesi (time-keeper) dan Riko Aryanto/171011202054 selaku Anggota yang bertugas sebagai operator untuk men-share materi di zoom dan mencatat siapa saja peserta yang aktif atau tidaknya dari awal acara hingga selesai.

Editor by J