Press Release Kegiatan Sarasehan Dosen

Penulis: Juli Ismanto

Dalam rangka peningkatan proses pembelajaran Semester Gasal tahun 2020/2021, dan meningkatkan kualitas metode pengajaran di kelas pihak Prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan agenda Sarasehan Dosen pada masing-masing pengampu rumpun mata kuliah pada Hari Sabtu-Selasa, 29 Agustus – 1 September 2020. Acara kegiatan Sarasehan tersebut tetap mengikuti penerapan protokol kesehatan yang berlaku.

untitled-1

Agenda Sarasehan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang Bpk. Dr. H. Endang Ruhiyat, S.E., M.M., CSRA. CMA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan “ Banyak perubahan yang dirasakan saat ini dituntut seorang dosen harus berubah dalam kompetensi menghadapi era industri 4.0 syarat dengan kemampuan penggunaan tekhnologi. Dilihat saat ini era disrupsi semua sektor termasuk perguruan tinggi mengalami dampak perubahan arah transformasi digital. Perubahan paradigma inipun akan berdampak pada kelanjutan profesi akuntansi kedepannya, dimana pengambil alihan pekerjaan akuntan (pencatatan, pengolahan, pemilahan suatu transaksi) akan digantikan oleh suatu sistem berbasis tekhnologi (sistem modern)”. Disela-sela penyampaiannya beliau juga mengingatkan tanggung jawab dosen sebagai pendidik dalam menghasilkan SDM yang berkompeten terutama dalam era industri 4.0. Perbedaan perlakuan mendidik generasi milenial sangat lah berbeda dengan generasi sebelumnya. Saat ini dominasi pemanfaatan tekhnologi dan ilmu pengetahuan melalui teori-teori baru mudah didapat melalui media online, oleh sebab itulah dosen harus beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi, mampu menjadi motor atau  penggerak, menginspirasi dan mengimplementasikan produk (karya) dituangkan dalam bahan ajar, maupun pengajaran nantinya”.

whatsapp-image-2020-09-01-at-18-41-04-2

Puncak acara kegiatan seresahan tersebut, Ibu Effriyanti, S.E., Akt., M.Si., CA selaku Kaprodi S1 Akuntansi mensinergitaskan dan mengkalaborasi individu masing-masing dosen secara optimal untuk mencapai hasil yang ditetapkan bersama, dengan tujuan mensejajarkan kurikulum berbasis inovasi dan kompetensi sesuai standart KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Beliau mengarahkan jajarannya (dosen-dosen S1 Akuntansi) untuk menindaklanjuti kesepakatan output dalam integritas kurikulum sebelumnya yang pernah diadakan pada Tanggal 02 Maret 2020 ( link: https://bit.ly/2QN02Ms ). Beliau menyampaikan “Peningkatan Pembelajaran mengacu pada mekanisme akreditasi 9 (sembilan) kriteria. Pembagian 11 (sebelas) rumpun ditetapkan untuk output (keluaran) berupa pembaharuan materi pembelajaran melalui sarana video ataupun tutorial mengacu pada RPS (Rencana Pembelajaran Semester)”. RPS (Rencana Pembelajaran Semester) disusun demi mencapai CP (capaian pembelajaran) dari kompetensi lulusan yang diharapkan nantinya.

Disela-sela penyampaiannya beliau juga mensosialisasikan Agenda KBM Online (Kegiatan Belajar Mengajar Daring) priode Gasal 2020/2021 dimana dosen harus selalu mengingatkan dan memotivasi para Mahasiswa tetap semangat belajar walapun dalam masa New Normal Pandemi Covid 19.

Akhir kegiatan tersebut disepakati output (keluaran) melalui pembagian tugas pembaharuan materi pembelajaran melalui sarana video ataupun tutorial mengacu pada RPS (Rencana Pembelajaran Semester).