Press Release PKM Dosen “Pelatihan Bisnis Online dan Pengelolaan Keuangan Dalam Rangka Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pola Hidup Sejahtera”

Penulis: Adi Supriadi,S.E., Ak., M.Akt

Masyarakat saat ini di sibukkan dengan penggunaan handphone dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi sebagian besar masyarakat tidak menggunakan handphone untuk menghasilkan  hal yang produktif dan menghasilkan daya guna. Untuk itu kami berkeinginan memberikan bantuan dan pelatihan kepada masyarakat, dalam menggunakan alat yang satu ini dan mampu menghasilkan sesuatu yang berharga terlebih kepada peningkatan ekonomi. Salah satu sarana yang berhubungan dengan kegiatan menggunakan handphone adalah penggunaan aplikasi bisnis dengan sistem On Line.

Kegiatan PKM melalui bisnis online dengan melakukan sharing discuss dengan pengaplikasiannya secara nyata dilakukan di tempat pelaksanaan Masjid Al Mujahidien pada tanggal 17 Juli 2020 s/d 19 Juli 2020 oleh dosen-dosen Prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang beserta Mahasiswa.

11

Dosen Prodi  S1 Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan tersebut antara lain: Widayat, S.E., M.M.; Ruruh Dyatmiko, S.E., M.M., Ak. CA; Muhammad Arif Adriyanto, S.E., Ak. M.Si 

Pemaparan bagaimana Online shopping atau belanja online via internet, merupakan suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual melalui internet. Sejak kehadiran internet, para pedagang telah berusaha membuat toko online dan menjual produk kepada mereka yang sering menjelajahi dunia maya (internet). Para pelanggan dapat mengunjungi toko online (online store) dengan mudah dan nyaman, mereka dapat melakukan transaksi di rumah, sambil duduk di kursi mereka yang nyaman di depan komputer. Bisnis online adalah juga sama seperti kegiatan bisnis yang kita kenal sehari-hari. Bedanya dalam bisnis online ini adalah segala kegiatan bisnis dilakukan secara online dengan menggunakan media internet. Di zaman yang seperti ini dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin cepat, peningkatan pengguna layanan dan jasa pun ikut merajalela seperti halnya pemanfaatan distribusi barang yang di jual yang sudah menggunakan teknologi online. Tentunya di dalam pasar penjualan yang telah di dukung oleh teknologi tersebut mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produk dari produsen sampai ke tangan konsumen. Untuk itu kami berusaha memberikan pembinaan dan pelatihan penggunaan handphone yang berdaya guna.  Kegiatan ini kami beri nama Pelatihan Bisnis On Line dan Pengelolaan Keuangan untuk meningkatkan efektifitas dan Efisiensi pola hidup sejahtera bagi masyarakat.

Hasil nyata kegiatan PKM ini Masysarakat sekitar mampu mengembangkan, meningkatkan, dan memberdayakan ekonominya melalui usaha online, serta dapat membuat manajerial pengeluaran keuangan dengan baik, serta kami melakukan pendampingan terhadap masyarakat, agar memiliki pemahaman terhadap bisnis on line yang lebih nyata dan real dalam penerapannya.

Editor by Juli