PRESS RELEASE PKM DOSEN “MENABUNG SAMPAH UNTUK MASA DEPAN PADA BANK SAMPAH PAPRIKA GRAHA INDAH PAMULANG “

Penulis: Benarda

Sampah masih menjadi permasalahan klasik di Indonesia, Tahun 2016 jumlah timbulan sampah di Indonesia mencapai 65.200.000 ton per tahun dengan penduduk sebanyak 261.115.456 orang. Proyeksi penduduk Indonesia menunjukkan angka penduduk yang terus bertambah dan tentunya akan meningkatkan jumlah timbulan sampah. . Tahun 2025 perkiraan jumlah penduduk Indonesia adalah sebesar 284.829.000 orang atau bertambah 23.713.544 dari tahun 2016. Jika diasumsikan jumlah sampah yang dihasilkan per tahun adalah sama maka jumlah sampah yang akan bertambah adalah sebesar 5.928.386 ton (KLHK dan Kementrian Perindustrian dalam World Bank), Berdasarkan Statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2018 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), hanya 1,2% rumah tangga yang mendaur ulang sampahnya. Sekitar 66,8% rumah tangga menangani sampah dengan cara dibakar. Padahal, asap yang ditimbulkan dari hasil pembakaran bisa menimbulkan polusi udara dan mengganggu kesehatan. Sebanyak 32% rumah tangga memilih cara lain untuk menangani sampahnya.

1

Salah satu solusi dalam mengatasi hal ini adalah Bank sampah, Perkembangan bank sampah terutama di wilayah Tangerang Selatan sudah sangat pesat , dengan terus menggaung kan Bank sampah, Khusus nya dalam memberikan pengertian “Menabung sampah” Kami selaku dosen dari S1 Akuntansi Universitas Pamulang memiliki kewajiban untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi salah satunya dengan memberikan ilmu pengetahuan yang kami miliki mengenai  pentingnya menabung, memberikan pelatihan menabung, mengajak serta menanamkan kesadaran kepada para pelaku BANK SAMPAH yang berada di Graha Indah Pamulang bahwa sangat besar manfaat dari menabung sampah ini untuk masa depan. PKM ini  juga merupakan  wahana bagi  dosen untuk  mengabdikan ilmunya agar bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

Sabtu, 27 Juni 2020 kami mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertema “ Menabung Sampah untuk Masa Depan Pada Bank Sampah Paprika Graha Indah Pamulang” yang di adakan di Graha Indah Pamulang

 Kegiatan PKM ini dihadiri oleh Anggota bank sampah”Paprika” yang berada pada Graha Indah Pamulang. Kegiatan PKM disambut baik oleh ibu Indra Anggraini selaku Ketua bank sampah ”Paprika” Graha Indah Pamulang. Sedangkan dari Universitas Pamulang dihadiri oleh beberapa dosen akuntansi, diantaranya Silvia Sari S.P., M.Si , Benarda, S.P, M.M., Rakhmawati Oktavianna, S.E., M.M., Sevty Wahiddirani Saputri, S.Kom., M.M dan Rini Septiowati, S.E., M.M juga oleh mahasiswa yaitu Maria Fransisca Zagita, Aida Afriyanti dan Ahmad Zahroni.

Acara ini disambut dengan sangat antusias oleh para Anggota bank Sampah tersebut, karena ternyata sampah yang selama ini langsung dibuang ke TPA masih bisa dipilah dan memilki nilai ekonomis. Kegiatan ini didukung oleh Perbas ( Persatuan Bank Sampah) Tangsel dan Perwakilan dari Litbang Tangsel. Sebelum pelaksanaan pengabdian masyarakat dilaksanakan sosialisasi, pendataan, pelatihan pada masyarakat, dan monitoring. Sosialisasi kepada tokoh masyarakat dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat, koordinasi, dan konsolidasi khususnya pengurus Bank Sampah di wilayah Graha Indah Pamulang. Sekalian agar kegiatan pengabdian dapat berjalan dengan baik. Melalui sosialisasi dan pendataan ini, dapat diketahui permasalahan yang ada, solusi yang akan ditawarkan, dan model pelaksanaan pengabdian yang sesuai.

Harapan kedepan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan berkembang dengan mengusung tema yang berkelanjutan, baik Ekonomi, sosial dan lingkungan sehingga menjadikan Indonesia menjadi lebih baik.Usai Pelatihan dan sosialisasi, Dosen Akuntansi UNPAM memberikan bantuan berupa Beras yang diserahkan ke ibu Indra Anggraini Selaku ketua Bank sampah Paprika, Kedepandiharapkan ada kelanjutan dari kegiatan PKM ini dalam rangka pengembangan Bank Sampah yang ada di Kelurahan Bambu Apus Pamulang.

Editor by July