WORKSHOP WEBINAR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “PENGOLAHAN DAN PELUANG USAHA PUPUK KOMPOS”

Penulis: Indawati, S.E., M.M.

Masa Pandemi Covid-19 bukan suatu rintangan yang dijadikan beban untuk menjalankan rutinitas sehari-hari. Program Studi Sarjana Akuntansi Pada tanggal 21 Juni 2020 Mengadakan Workshop Webinar dengan mengusung tema “Pengolahan dan Peluang Usaha Pupuk Kompos” Dengan Narasumber Anggun Anggraini, S.E., M.M.

untitled-1

Acara ini dihadiri oleh Ketua Bank Sampah dan Dosen Prodi Sarjana Akuntansi. Kegiatan Workshop daring ini dimulai dengan sambutan dari Ketua Bank Sampah; Hj. Sri Fathonah, S.Pd dan Perwakilan Panitia PKM Siti Hanah, S.E., M.M.

Narasumber; Anggun Anggraini, S.E., M.M. menyampaikan bahwa Kegiatan PKM ini merupakan bagian dari Kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi; Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Ketiga Dharma tersebut dirancang menjadi siklus yang tepadu sehingga dapat menjadi akselerator peningkatan Mutu Perguruan Tinggi.

“Poin penting yang harus dilakukan didalam kegiatan PKM ini adalah peran serta aktif para bapak/ibu Dosen yang dapat mengaplikasikan bidang ilmu yang dimiliki untuk mengatasai masalah yang ada di masayarakat sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada lingkungan sekitar,” ujar Anggun.

Tujuan umum dari kegiatan ini adalah Membantu mitra (pengurus Bank Sampah Sri Rejeki) dalam mengembangkan sistem pengelolaan sampah dengan memanfaatkan sampah organik yang ada disekitar dan mengubahnya menjadi kompos yang akhirnya akan memiliki nilai jual yang tinggi.

Adapun bentuk kegiatan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan tema pengolahan dan peluang usaha pupuk kompos. Dengan para pengajar dan narasumber yang dilibatkan adalah para Dosen Program Studi Akuntansi dari Universitas Pamulang yang terdiri dari Ibu Anggun Anggraini, S.E., M.M. Ibu Indawati, S.E., M.M. Ibu Lindawati, S.E., M.M. Ibu Hanah, S.E., M.M. dan Ibu Wulandari Cahyani Putri S.E.,M.M.

Anggun juga menambahkan, Kegiatan PKM ini tidak hanya berhenti pada pelaksaan Pengabdian Kepada Masyarakat saja tetapi kegiatan PKM ini juga dijadikan wahana kajian keilmuan, dan respons masyarkat terhadap pelayanan selama kegiatan PKM dapat menjadi kajian para dosen yang hasilnya wajib dipublikasikan pada media resmi (Bukan Blog Pribadi) dan dipublikasikan pada Jurnal PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dan menikmati kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

Hasil Pelaksanaan PKM tersebut adalah menambah ilmu mereka dalam pengelolaan sampah organik khususnya untuk para peserta Ibu-ibu Perumahan dan pengurus Bank Sampah Sri Rejeki, sarua permai, benda baru, pamulang, Tangerang Selatan, Banten sangat antusias dengan materi yang mereka dapatkan dari dosen-dosen akuntansi Universitas Pamulang, Para peserta dapat langsung mempraktekan pembuatan kompos dengan cara sederhana dirumah masing dengan memanfaatkan sampah organik yang ada disekitar mereka, Respon para peserta sangat baik dan senang karena sangat terbantu dalam pembelajaran tentang pengolahan sampah organic tersebut.

Narasumber memberikan dukungannya kepada para dosen untuk dapat tetap menjalankan kegiatan PKM ini ditengah pandemic covid-19 secara daring dengan menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Zoom Video Conference atau Meet.Google.com, para dosen tetap dapat menjalakan pengabdiannya dan memberikan solusi terhadap problematika yang ada di masyarakat dengan tetap bertumpu pada kajian ilmiah dan dosen yang terlibat memiliki latar belakang keilmuan yang relevan. Narasumber menegaskan bahwa rangkaian kegiatan tersebut sejalan dengan sistem penjaminan mutu Program Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai sistem tata kelola berkelanjutan di Perguruan Tinggi; Input-Proses-Output- Outcome-Impact.

Editor by July