Press Release PKM Dosen ” Peran Bank Sampah Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Dengan Menyulap Sampah Menjadi Rupiah”.

Penulis : Yenni Cahyani

Dosen Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang telah mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat secara virtual di masa pandemi covid-19. Dosen Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang dalam hal ini menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat pada Bank Sampah Sri Rejeki Kelurahan Benda Baru Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Dengan tema” Peran Bank Sampah Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Dengan Menyulap Sampah Menjadi Rupiah”.

1

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarkat ini merupakan salah satu wujud konkrit implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan ini adalah memberdayakan ibu-ibu rumah tangga dalam rangka memperkuat ketahanan dan ekonomi keluarga di wilayah tersebut melalui pemanfaatan sampah dan bank sampah sehingga memberikan kontribusi ekonomi yang optimal bagi perekonomian keluarga yang akan berdampak pada perekonomian warga khususnya ibu-ibu di lingkungan tersebut.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang diantaranya: Syamsul Mu’arif, S.E., M.M., Yulianto, S.E., M.M., Yenni Cahyani, S.E., M.M, Suciati Muanifah, S.E., M.M., Muhammad Ridwan, S.E., M.M, serta melibatkan beberapa Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang dan anggota Bank Sampah Sri Rejeki. Acara ini dihadiri pula oleh Ibu Hj. Sri Fathonah, S.Pd selaku Ketua Bank Sampah sekecamatan Pamulang. Dalam sambutannya beliau memberikan sinyal yang positif, bahwa dengan adanya sosialisai terkait Bank Sampah diharapkan kesadaran masyarakat akan lingkungan akan semakin meningkat.

Pada kegiatan ini materi yang disampaikan tentang “Pengelolaan Sampah Berbasis 3R (Siasati Sampah Jadi Berkah)” dan juga bagaimana Pengelolaan Bank Sampah di Tengah Pandemi Covid-19 ini. Para Narasumber disini menyampaikan hal pokok diantaranya upaya memanfaatkan kembali sampah melalui daur ulang setelah melalui proses tertentu dengan mengubah sampah menjadi rupiah, protokol Kesehatan pemilahan sampah rumah tangga dan protokol Kesehatan penyetoran sampah di bank sampah saat pandemi covid-19. Setelah penyampaian materi dari para narasumber dilanjutkan sesi tanya jawab, seluruh peserta antusias dalam bertanya.

Acara ditutup dengan pemberian kesimpulan dari pembawa acara, menurut peserta kegiatan ini memberikan ilmu dan pengetahuan baru, kegiatan ini meningkatkan pengetahuan mereka sehingga dapat memaksimalkan peran Bank Sampah terhadap lingkungan dan bagaimana cara kerja Bank Sampah di masa pandemi covid-19 ini agar tetap aman. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat secara virtual ini diselenggarakan dengan sukses dan penuh antusiasme peserta.

Editor by Juli